• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Dinamika

NU Wukirsawit Karanganyar Siapkan Dua Program di Bulan Ramadhan

NU Wukirsawit Karanganyar Siapkan Dua Program di Bulan Ramadhan
Pertemuan di NU Wukir, Jatiyoso, Karanganyar, bahas persiapan di Bulan Ramadhan. (Dok. istimewa)
Pertemuan di NU Wukir, Jatiyoso, Karanganyar, bahas persiapan di Bulan Ramadhan. (Dok. istimewa)

Karanganyar, NU Online Jateng
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Wukirsawit, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, melakukan rapat koordinasi dengan Pengurus Anak Ranting di Desa Wukirsawit guna membahas rancangan program dan kegiatan.

Dalam rilis yang diterima NU Online Jateng, Kamis (31/3), Ketua PRNU Desa Wukirsawit, Amin Nugroho menerangkan, di bulan Ramadhan nanti akan ada dua program prioritas yang akan dilaksanakan.

“Pertama program tarawih keliling (tarling) akan kami laksanakan setiap Jumat malam dan jadwal penceramah dan anak ranting yang menjadi tuan rumah kegiatan sudah kami jadwalkan,” ujarnya.

Kemudian program kedua, yakni penyaluran perolehan Kotak Infak (Koin) NU Ranting Wukirsawit, yang rencananya akan dilaksanakan sebelum Lebaran. "Selama dua tahun ini kami telah menyalurkan hasil Koin NU kepada mereka yang membutuhkan, dan Ramadhan kali ini akan menjadi yang ketiga kalinya penyaluran Koin NU,” imbuhnya.

Bendahara PRNU Desa Wukirsawit Ariyanto menjelaskan, penyaluran Koin NU, di antaranya dimanfaatkan untuk membantu penanganan bencana, santunan, dan juga kegiatan keagamaan. Ia juga melaporkan kegiatan Koin NU Desa Wukirsawit yang dalam tiga bulan terakhir ini grafiknya terus mengalami kenaikan.

“Untuk Program Koin NU Desa Wukirsawit, alhamdulillah mulai dari Januari grafiknya naik stabil, karena tingkat terbukanya koin juga meningkat,” ungkapnya.

Dikatakan, akan ada permintaan kotak koin lagi dari jamaah. Semisal di Dusun Banaran yang sudah terdapat 51 Koin NU, akan ada permintaan sekitar 15 kotak lagi.

Dalam acara pertemuan yang bertempat di Sekretariat NU Wukirsawit tersebut, turut dihadiri dari pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Jatiyoso, antara lain, Rais Kiai Khoirul Bahar, Katib Kiai Suparso, Ketua Kiai Taryanto, beserta jajaran pengurus lainnya.

Ketua MWCNU Kecamatan Jatiyoso Kiai Taryanto menyampaikan apresiasi dan semangat kepada para pengurus di tingkat Ranting yang sudah berkhidmah dengan tulus. Dalam arahannya terkait program tarling dan Koin NU, agar selaras dengan program MWCNU.

“Sebab MWCNU juga melaksanakan kegiatan Safari Tarawih setiap Sabtu malam bertempat di Desa Karangsari dan Wonokeling, dan untuk penyaluran infak dan zakat bisa disinergikan dengan UPZIS Jatiyoso,” terangnya.


Dinamika Terbaru