• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Dinamika

IPNU-IPPNU UIN Walisongo Semarang Kirim Anggotanya untuk Makesta di Unnes

IPNU-IPPNU UIN Walisongo Semarang Kirim Anggotanya untuk Makesta di Unnes
Utusan IPPNU UIN Walisongo ikuti Makesta di PKPT IPNU-IPPNU Unnes Semarang (Foto: NU Online Jateng/Raif)
Utusan IPPNU UIN Walisongo ikuti Makesta di PKPT IPNU-IPPNU Unnes Semarang (Foto: NU Online Jateng/Raif)

Semarang, NU Online Jateng
Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) UIN Walisongo mendelegasikan 4 kader untuk mengikuti kaderisasi Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang digelar PAKPT IPNU-IPPNU Hasyim Asy’ari Unnes, Jumat-Ahad (17-18/12).


Ketua PAKPT IPNU Hasyim Asy’ari Unnes Semarang Dede Rizki Darmawan mengatakan, keempat kader tersebut mengikuti Makesta ini atas keinginan sendiri. Keempat kader tersebut adalah Safinatun Najah, Nurul Faizah, Intan Nisaurrohmah, dan Neng Aneu. 


“Kami menerima dengan senang hati kedatangan peserta dari luar Kampus Unnes seperti UIN dan Unwahas. Karena tentunya dapat memperluas relasi, baik bagi peserta maupun panitia,” ucapnya. 


Ditambahkan, Makesta Unnes diikuti 45 peserta terdiri dari 9 orang calon anggota IPNU dan 36 calon anggota IPPNU. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini harus diikuti secara penuh oleh peserta.


“Peserta diberikan materi dasar untuk memperkuat pondasi NU, Aswaja ala NU, keorganisasian, keindonesiaan, amaliyah NU, Wawasan Kebangsaan, IPNU IPPNU, Karya Ilmiah, dan Focus Group Discussion terkait tipologi mahasiswa,” tambahnya.


Dia menyampaikan, dengan kegiatan Makesta semoga para peserta dapat berkontribusi dan menuangkan ide-ide cemerlangnya untuk berkhidmat dan memajukan IPNU IPNU.


“Perjuangan kita tidak selesai di sini ketika para peserta dinyatakan resmi menjadi anggota setelah dibaiat. Namun Makesta hanyalah langkah awal dari perjuangan itu dimulai,” ungkapnya.


Ketua PKPT IPNU UIN Walisongo Suwarno menyampaikan, adanya delegasi ini membuktikan bahwa IPNU-IPPNU ada disetiap kampus dengan berbagai kultur dan budaya masing-masing.


“Sehingga mereka mampu beradaptasi dan bersaing, bukan hanya mampu menampakkan taring mereka di dalam kandang, tetapi juga mampu menjadi singa podium di luar kampus mereka,” ujarnya.


Neng Aneu kepada NU Online Jateng, Rabu (22/12) mengatakan, dirinya mengaku senang dan bersyukur bisa mengikuti Makesta yang belum pernah ia ikuti sebelumnya. “Rasanya senang bisa bergabung, terlebih lagi bisa bertemu dengan teman kader dari berbagai universtitas. Dan tentunya ada banyak ilmu yang saya dapatkan di sini,”  ucapnya.

 

Kegiatan bertempat di Aula MA Al-Asror Patemon, Gunungpati, Kota Semarang mengusung tema 'Menumbuhkan Kader Muda yang Bervisi Kebangsaan dan Berlandaskan Ahlussunah Waljamaah di Era Society 5.0'.

 

Pengirim: Raif
Editor: M Ngisom Al-Barony


Dinamika Terbaru