• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Dinamika

SMP Takhassus 99 Nurul Falah Pangkah Tegal Gelar Makesta IPNU-IPPNU

SMP Takhassus 99 Nurul Falah Pangkah Tegal Gelar Makesta IPNU-IPPNU
Kegiatan Makesta siswa SMP Takhassus 99 Pangkah, Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Nurkhasan)
Kegiatan Makesta siswa SMP Takhassus 99 Pangkah, Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Nurkhasan)

Tegal, NU Online Jateng
Dalam rangka menyiapkan kader terbaik, SMP Takhassus 99 Nurul Falah Pangkah, Kabupaten Tegal mengajak peserta didik dan seluruh tenaga kependidikan untuk bersama sama mengaji dan mengkaji NU melalui Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) dan Pelantikan Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).


Ketua Pimpinan Cabang IPNU Kabupaten Tegal Adistya Priyandi mengatakan, Makesta merupakan kaderisasi gerbang awal masuk menjadi sebagai anggota IPNU dan IPPNU. Kegiatan yang bertempat di SMP Takhassus 99 Nurul Falah Pangkah berlangsung, Sabtu-Ahad (18-19/12) diikuti 48 peserta.


"Ada sejumlah materi yang disuguhkan, di antaranya Ke NUan, Aswaja, ke-IPNU-an Ke-IPPNU-an, Ke-Indonesiaan, Keorganisasian, Tradisi amaliah NU, Peran media, dan keorganisasian," terangnya.


Kepala SMP Takhassus 99 Nurul Falah Pangkah Moh Naenul Rizqoni kepada NU Online, Senin (20/12) mengatakan, Makesta adalah ujung tombak kaderisasi NU. Menurutnya, IPNU-IPPNU adalah tolak ukur NU ke depan, karenanya para pelajar haruslah diberikan pemahaman sejak dini agar bisa menangkal faham-faham di luar aswaja an-nahdliyah yang belakangan ini sudah tumbuh subur di NKRI ini. 


"Alhamdulillah kegiatan ini langsung dihadiri oleh Pengurus NU setempat Ustadz Saeful Anam, Pengurus Yayasan Nurul Falah Bedug Ust Aan Amirudin, Ketua PC IPNU Adistya priyandi, Ketua PC IPPNU Dwi Sangita, Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Pangkah, dan dewan guru yang ada," ucapnya.


Selain lanjutnya, kegiatan Makesta juga sekaligus Pelantikan Pimpinan Komisariat dan mengukuhkan Fuad sebagai Ketua IPNU dan Vanial sebagai Ketua IPPNU PK IPNU-IPPNU SMP Takhassus 99 Nurul Falah Pangkah, Kabupaten Tegal. 


Kontributor: Nurkhasan
Editor: M Ngisom Al-Barony


Dinamika Terbaru