• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 23 Februari 2024

Dinamika

SEMARAK RAMADHAN 1443 H

IPNU-IPPNU MANU Cilongok Banyumas Manfaatkan Ramadhan untuk Berdakwah

IPNU-IPPNU MANU Cilongok Banyumas Manfaatkan Ramadhan untuk Berdakwah
Kegiatan amaliyah bakti ramadhan MANU Cilongok Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Yanuareza)
Kegiatan amaliyah bakti ramadhan MANU Cilongok Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Yanuareza)

Banyumas, NU Online Jateng
Bulan Ramadhan 1443 Hijriah dimanfaatkan pelajar Madrasah Aliyah (MA) Ma'arif NU 1 Cilongok Banyumas dengan menggelar Amaliyah Bakti Ramadhan (ABR) yang ke-7 di Desa Kalisari, Kecamatan Cilongok (16-21/4/2022).


Ketua Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) MA Ma'arif NU 1 Cilongok menyampaikan, amaliyah bakti ramadhan merupakan program tahunan yang dijalankan oleh pelajar NU di tahun 2022 merupakan putaran ke-7. 


"Kegiatan ABR bertujuan untuk mencari ilmu di tengah-tengah masyarakat dan mengamalkan ilmu yang sudah didapat. Di sini prinsipnya kami belajar bermasyarakat diikuti 15 pelajar putra dan 25 pelajar putri selama lima hari di kawasan sentra Tahu Desa Kalisari," ujarnya Sabtu (16/4).
 

Dijelaskan, kegiatan ABR yakni mengundang para anak-anak untuk mengaji, membersihkan mushala dan masjid, tadarus Al-Qur'an, membagi bantuan paket sembako untuk orang yang  berhak.


"Juga ada pelatihan kewirausahaan, mengisi kultum, plangisasi madin, dan berebagai kegiatan insidental lain atas saran tokoh dan warga masyarakat Desa Kalisari," terangnya. 


Pembina IPPNU MA Ma'arif NU 1 Cilongok Siti Juariyah yang juga Sekretaris PC Fatayat NU Banyumas berpesan agar seluruh peserta tetap menjaga protokol kesehatan. Selain itu, para peserta ABR agar memanfaatkannya untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya.


"Tetap rendah diri dan menjaga sopan santun kepada seluruh warga masyarakat Desa Kalisari," pesannya. 


Dirinya berharap, dengan diadakan kegiatan Amaliyah Bakti Ramadhan ke-7 ini semoga dapat menjadi bekal bagi siswa siswi MA Ma'arif NU Cilongok sebelum terjun langsung di masyarakat setelah lulus nanti.


Pengirim: Yanuareza


Dinamika Terbaru