• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Dinamika

Gandeng Pemprov Jateng, Ansor Moga Pemalang Gelar Festival Rebana

Gandeng Pemprov Jateng, Ansor Moga Pemalang Gelar Festival Rebana
Acara festival rebana PAC Ansor Moga, Kabupaten Pemalang (Foto: NU Online Jateng/Ikmaludin)
Acara festival rebana PAC Ansor Moga, Kabupaten Pemalang (Foto: NU Online Jateng/Ikmaludin)

Pemalang, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Moga bersama PC Ansor pemalang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menggelar 'Fetival Rebana' pada Ahad (17/7/2022)


Kegiatan yang berlangsung di Gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Moga diikuti oleh 14 peserta dari kader Ansor maupun badan otonom Ranting NU se-Kecamatan Moga.


Ketua Pimpinan (PC) GP Ansor Kabupaten Pemalang H Amirul Fikar mengatakan, momentum festival rebana merupakan salah satu langkah kecil upaya merawat tradisi dan membangun peradaban sebagaimana judul yang dipilih di pimpinan NU dalam rangka menuju satu abad Nahdlatul Ulama.


"Apa yang telah dilakukan PAC Ansor Moga adalah wujud nyata membangun peradaban sebagaimana tema besar peringatan 1 abad NU," ucapnya.


Dirinya berharap, PAC-PAC Ansor lainnya di Pemalang jangan sampai ketinggalan dan bisa mengikuti jejak yang sama menggelar berbagai festival seni seperti yang dilakukan PAC Ansor Moga.





Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Moga Abu Khoiri menjelaskan, festival rebana sebagai upaya melestarikan seni yang menjadi ciri khas Islam ala ahlussunnah wal jamaah (Aswaja) An-Nahdliyah.


"Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati tahun baru hijriyah 1444 dan sebagai wujud kecintaan terhadap rebana terhadap seni musik Islami dan kecintaan terhadap shalawat,” ujarnya.


Ketua Panitia festival rebana Muhamad Hisam kepada NU Online Jateng, Senin (18/7/2022) menyampaikan tujuan dari diadakan festival rebana untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap shalawat dan sebagai ajang silaturahim antarpimpinan ranting GP Ansor se-Kecamatan Moga.


Meski hanya diikuti oleh 14 grup rebana akan tetapi acara ini berjalan dengan meriah dan dipenuhi oleh anggota dari banom NU yang antusias mengikuti festival rebana ini hingga selesai," pungkasnya.


Acara festival rebana dihadiri jajaran pengurus GP Ansor dari tingkat ranting hingga cabang dan juga dihari oleh Dinas Pendidikan Jateng.


Pengirim: Muhamad Ikmaludin


Dinamika Terbaru