• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Dinamika

Perkuat Kaderisasi, IPNU-IPPNU Kepil Wonosobo Gelar Makesta

Perkuat Kaderisasi, IPNU-IPPNU Kepil Wonosobo Gelar Makesta
Kegiatan Makesta PAC IPNU-IPPNU Kepil Wonosobo (Foto: Dok)
Kegiatan Makesta PAC IPNU-IPPNU Kepil Wonosobo (Foto: Dok)

Wonosobo, NU Online Jateng
Bertempat di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTsNU) Unggulan Gadingrejo, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kepil, Wonosobo mengadakan kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), Jumat-Ahad (24-26/6/2022).


Ketua PAC IPNU Kepil Tafrikhan mengatakan, Makesta merupakan program kerja PAC IPNU IPPNU Kepil yang terus digalakkan. "Setelah melewati masa pandemi Covid-19, PAC Kepil kembali menggalakkan Makesta karena kemarin hampir dua tahun tidak pernah mengadakannya," ujarnya.


Dirinya berharap, kegiatan Makesta bisa menghasilkan kader-kader IPNU-IPPNU yang berkualitas siap mengabdi untuk NU dan NKRI. "Masa depan IPNU-IPPNU ada di tangan kalian, maka saaya meminta untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti makesta hingga akhir," tegasnya.


Rais Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Gadingrejo, Kepil Kiai Ahmad Cholid Badri yang juga Pengasuh Pesantren Hidayatul Mubtadiien ini berharap agar Makesta menjadi pintu utama kaderisasi di lingkungan NU.
 

"Atas nama pribadi dan pengurus PRNU Gadingrejo I, saya menyambut gembira adanya kegiatan Makesta ini. Saya berharap, melalui kegiatan kaderisasi ini akan lahir para kader pejuang yang andal dan profesional, kader yang memiliki aqidah kuat, berakhlak mulia serta memiliki pengetahuan luas," ujarnya.


Lebih lanjut, dirinya menyampaikan bahwa dalam perjuangan di NU yang terpenting adalah niat untuk khidmah dan niat untuk terus belajar sepanjang hayat.


"Di NU ini, kalian harus berkhidmah dengan niat ikhlas disertai niat thalabul ilmi untuk menjadi santri NU, santrinya Mbah Hasyim Asy'ari. Karena pangkat kita hanya bisa gandolan beliau supaya mendapatkan doanya agar khusnul khatimah di kemudian hari," ungkapnya.


Dalam rilis yang diterima NU Online Jateng, Sabtu (25/6/2022) Ketua Panitia Huda menjelaskan bahwa peserta Makesta merupakan para pelajar yang sedang ada di desa Gadingrejo diikuti oleh 60 peserta dari Ranting Gadingrejo I.


"Peserta terdiri dari para siswa dan santri. Rata-rata merupakan pelajar di jenjang MTs/SMP, namun ada pula yang mahasiswa. Bahkan terdapat seorang peserta yang saat ini masih duduk di bangku MI," ucap siswa SMK Almadani Kepil ini.


Dikatakan, kegiatan makesta mengangkat tema 'Membentuk Kader Muda yang Bervisi Kebangsaan Berlandaskan Ahlussunah WalJama'ah' diharapkan para  pelajar dan generasi muda NU dapat mempunyai kemampuan keorganisasian yang luas serta dapat menjunjung tinggi nilai-nilai Aswaja dan kebangsaan.


"IPNU-IPPNU dituntut untuk selalu bergerak menjaring dan membina para pelajar NU melalui jenjang kaderisasi Makesta untuk meningkatkan progresivitas organisasi," pungkasnya. 


Dinamika Terbaru