• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Regional

Ada Bazar di Pelantikan PCNU Wonosobo

Ada Bazar di Pelantikan PCNU Wonosobo
Ketua PWNU Jateng KHM Muzamil saat tinjau pameran UMKM di pelantikan PWNU Wonosobo (Foto: NU Online Jateng/Insan Al-Huda)
Ketua PWNU Jateng KHM Muzamil saat tinjau pameran UMKM di pelantikan PWNU Wonosobo (Foto: NU Online Jateng/Insan Al-Huda)

Wonosobo, NU Online Jateng
Di acara Pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Wonosobo masa khidmah 2022-2027 di Aula Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Selokromo ada pameran produk unggulan warga NU di Wonosobo. 


Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng HM Muzamil bersama Rais PCNU Kabupaten Wonosobo KH Abdul Halim Al-Hafidz 'nyambangi' beberapa stand pameran dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Wonosobo.


"Ini sangat bagus, momentum pelantikan diadakan pameran produk unggulan dari masing-masing MWCNU. Kami ikut bersyukur bahwa Nahdliyin tetap dapat mengembangkan kreativitasnya dalam menumbuhkembangkan wirausaha guna meningkatkan produktivitas kerja," ujar Kiai Muzamil.


Manurutnya, di lingkungan NU sendiri sudah banyak dan berkembang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Bahkan di pameran Wonosobo terdapat produk mulai dari makanan ringan, pakaian, kerudung, dan peci kebutuhan warga NU. 


"Sebelum NU lahir telah didirikan Nahdlatut Tujjar, kebangkitan para pedagang atau saudagar oleh Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy'ari dan Mbah KH Abdul Wahab Hasbullah. Sampai-sampai almarhum almaghfurlah Mbah Hasyim dan Mbah Wahab pernah ditahan kaum penjajah. Namun karena keteguhan hati, akhirnya dibebaskan", terangnya.


Karena itu lanjutnya, Nahdliyin untuk tidak takut berusaha. "Orang-orang yang beriman dan bertaqwa selalu bahagia, tidak pernah merasa khawatir dan bersedih hati", ucapnya.


Dia menambahkan, berusaha yang diniatkan karena Allah guna memenuhi kebutuhan hidup untuk beribadah adalah bagian dari syariat Islam. "Misalnya dalam beribadah diperlukan sarana prasarana yang suci dan diusahakan secara halal. Maka mengusahakan sarana prasarana tersebut hukumnya juga wajib", pungkasnya.


Pengirim: Insan Al-Huda
 


Regional Terbaru