• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Dinamika

Dua PAC Terbentuk, IPNU-IPPNU di Kebumen Gelar Makesta

Dua PAC Terbentuk, IPNU-IPPNU di Kebumen Gelar Makesta
Kegiatan Makesta IPNU-IPPNU di Kebumen (Foto: NU Online Jateng/Eko)
Kegiatan Makesta IPNU-IPPNU di Kebumen (Foto: NU Online Jateng/Eko)

Kebumen, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Klirong dan Petanahan Kabupaten Kebumen terbentuk. Pembentukan dua PAC baru ini dilaksanakan setelah diselenggarakannya Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Raya di SMK Ma'arif 9 Kebumen, Jumat-Sabtu (1-2/7).


Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kebumen Trio Agustin mengatakan, Makesta Raya dan Pembentukan PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Klirong dan Petanahan ini adalah upaya konsolidasi dan kaderisasi. 


"Kita sudah terbentuk 19 PAC dari 26 Kecamatan di Kebumen. Kaderisasi menjadi program utama saat ini, jika kaderisasi baik maka baik juga program-program yang lain, begitu juga sebaliknya," ujar Trio. 


Ketua PC IPPNU Kebumen Hanifatun Umaroh kepada NU Online Jateng, Selasa (5/7/2022) menjelaskan, saat liburan semester di Kebumen sedang maraton penyelenggaraan makesta. "Untuk tingkat ranting, di Kebumen pada masa liburan  ada makesta di Ranting Karangsari Kecamatan Buayan, Ranting Kenteng Kecamatan Sempor dan Ranting Jatinegara Kecamatan Sempor," terangnya.


Untuk tingkat PAC lanjutnya, selain Klirong dan Petanahan juga selenggarakan di PAC Kebumen Kota, PAC Sruweng, dan PAC Adimulyo. Sedangkan untuk tingkat komisariat ada makesta di Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP) PP KH Syudja Kecamatan Sruweng.


Ketua Panitia Maskesta Raya PAC IPNU-IPPNU Klirong dan Petanahan Dwi Yoga mengatakan bahwa makesta ini didesain agar para pelajar NU memiliki pengetahuan dan skill dalam berorganisasi. 

"Materi-materi yang disampaikan ke 43 peserta sesuai dengan silabus dan pedoman kaderisasi yang ada, sehingga ini menjadi bekal awal para pelajar NU dalam berorganisasi," pungkasnya.


Kontributor: Eko Siam Muwardi


Dinamika Terbaru