• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Dinamika

IPNU-IPPNU SMK Ma’arif 5 Gombong Kebumen Gelar Latihan Kader Unggulan

IPNU-IPPNU SMK Ma’arif 5 Gombong Kebumen Gelar Latihan Kader Unggulan
Peserta LKU IPNU-IPPNU SMK Ma'arif Nu Gombong, Kabupaten Kebumen (Foto: NU Online Jateng/Eko)
Peserta LKU IPNU-IPPNU SMK Ma'arif Nu Gombong, Kabupaten Kebumen (Foto: NU Online Jateng/Eko)

Kebumen, NU Online Jateng
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif 5 Gombong, Kabupaten Kebumen merupakan salah satu sekolah tingkat menengah yang berkomitmen menjadikan pesertda didiknya sebagai kader-kader NU yang siap untuk berkiprah di manapun kelak ia tinggal. 


Menindaklanjuti hal tersebut diawal tahun pelajaran 2021/2022 yang masih dalam suasana pandemi Covid-19, SMK Ma’aarif 5 Gombong yang populer dengan istilah 'Maligo' tetap bisa melaksanakan program Masa kesetiaan Anggota (Makesta) untuk semua peserta didik baru.


Selain Makesta, SMK Ma'arif Gombong juga menggelar Latihan Kader Unggulan (LKU). Peserta kegiatan LKU ini terdiri dari para aktivis yang sudah terlihat aktif di kegiatan Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) SMK Maligo. 


Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kebumen Trio Agustin menyampaikan bahwa setiap kader terutama PK IPNU-IPPNU Maligo harus selalu meningkatkan kapasitas diri agar tetap bisa eksis, berdaya guna dan mampu berkompetisi di tengah modernisasi. 


"Saya berharap para peserta untuk mampu bermedia sosial dengan ," ucapnya.


Kepala SMK Ma'arif Gombong Mukhamad Ma’muri menjelaskan, Semula cukup banyak yang mengikuti ada 70-an calon peserta, namun setelah melalui beberapa proses akhirnya hingga hari H pelaksanakan terjaring 20 peserta.  


"Kami mendukung penuh kegiatan tersebut dan berharap agar para peserta kader ungulan usai pelatihan harus mempunyai manhajul fikr, bersikap, dan bertindak yang berbeda dari para kader lain," terangnya. 


"Usai pelatihan peserta harus bisa melakukan sebuah perubahan yang siginifikan terhadap diri dan lingkungan sekitar," sambungnya, Jumat (17/12).


Disampaikan, LKU berlangsung selama dua (2) hari, dimulai dari hari selasa-rabu, 14-15 Desember 2021, dengan 10 materi di antaranya Aswaja, Net Working dan Lobbying, Management Organisasi, Teknik Diskusi, Rapat dan Persidangan, Problem Solving, Kepemimpinan, Ke NUan, Ketarunaan, dan Wawasan Kebangsaan. 


"Tindaklanjut dari kegiatan ini akan diadakan forum diskusi terkait pendalaman materi maupun strategi berorganisasi bahkan salah satu pemateri sudah menyiapkan waktu secara spesifik untuk mengawal peserta pasca pelatihan," pungkas Novian Said salah satu tim Kaderisasi PC GP Ansor Kebumen.


Kontrinutor: Eko Siam Muwardi
Editor: M Ngisom Al-Barony


Dinamika Terbaru