• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Dinamika

Ansor Sukoharjo Gelar PKL dan Susbalan di UIN Surakarta

Ansor Sukoharjo Gelar PKL dan Susbalan di UIN Surakarta
Ketua PW GP Ansor Jateng, H Sholahuddin Aly (Foto: NU Online Jateng/Arinto Dwi)
Ketua PW GP Ansor Jateng, H Sholahuddin Aly (Foto: NU Online Jateng/Arinto Dwi)

Sukoharjo, NU Online Jateng 
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sukoharjo menggelar Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) dan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) Tahun 2024 di Kampus UIN Raden Mas Said Surakarta, Jumat-Ahad (19-21/1/2024).


Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Tengah Sholahudin Aly mengatakan, kaderisasi di lingkungan merupakan tahapan yang harus diikuti oleh setiap calon pimpinan GP Ansor agar memiliki kesiapan dan kemampuan saat berkhidmah nantinya. 


"Sebagai organisasi pemuda di lingkungan NU, pengkaderan adalah upaya untuk menghadirkan anggota yang militan untuk masa depan NU. Maka kaderisasi menjadi hal yang wajib untuk diikuti oleh anggota Ansor," tegasnya.


Gus Sholah sapaan akrabnya mengisahkan bahwa Ansor dalam perjalanan sejarahnya selalu menghadapi bullying dan berbagai cobaan dan ujian dari berbagai arah. Hal tersebut menuntut dibutuhkannya kader-kader yang tangguh dan siap menghadapi segala tantangan di zamannya. 


Wakil Rektor III UIN Raden Mas Said Surakarta yang juga Rais PCNU Kabupaten Sukoharjo KH Abdullah Faishol berpesan kepada para peserta PKL dan Susbalan nantinya diharapkan mampu mengemban tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab kepada pribadi dan juga kepada jamiyah. 
 


"Diharapkan peserta mampu meneladani para pendahulu yang telah berjasa besar menumpas komunisme dan menjaga stabilitas dan kondusifitas NKRI. Di samping itu juga mampu mengambil peran mengisi ruang-ruang media sosial dan informasi digital dengan senantiasa meningkatkan kompetensinya dalam bersaing di era sekarang," ucapnya.


Ketua PC GP Ansor Sukoharjo Zen Fathoni Achmad kepada NU Online Jateng, Senin (22/1/2024) menjelaskan, PKL dan Susbalan Sukoharjo merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh Ansor Sukoharjo. Pimpinan GP Ansor periode-periode sebelumnya belum pernah menyelenggarakannya. 


"Alhamdulillah, kami bisa menggelar acara pengkaderan yang sangat penting ini. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua lihak yang membantu dan mendukung terlaksananya kegiatan ini, khususnya kepada Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta yang memfasilitasi bisa berlangsungnya PKL dan Susbalan Sukoharjo 2024," pungkasnya.


Kontributor: Arinto Dwi


Dinamika Terbaru