• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Regional

PC Ansor Sukoharjo: Pengurus Harus Berkontribusi Nyata 

PC Ansor Sukoharjo: Pengurus Harus Berkontribusi Nyata 
Pelantikan PAC GP Ansor Baki, Kabupaten Sukoharjo periode 2021-2023 (Foto: Dok)
Pelantikan PAC GP Ansor Baki, Kabupaten Sukoharjo periode 2021-2023 (Foto: Dok)

Sukoharjo, NU Online Jateng
Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo periode 2021-2023 resmi dilantik oleh Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Sukoharjo di Pendopo Graha Wijaya Kecamatan Baki, Ahad (24/7/2022)


Ketua PC GP Ansor Sukoharjo Zen Fathoni Achmad mengatakan, NU adalah organisasi besar yang lahir sebelum Indonesia merdeka. Bahkan NU berkontribusi dalam proses kemerdekaan Indonesia, jadi GP Ansor pun akan selalu mendukung pemerintah.


"Kami pasti selalu mendukung pemerintah. Ibarat kata, kami ikut mendirikan sebuah rumah, gak mungkin kami akan menghancurkan rumah yang sudah susah payah kami bangun," katanya usai melantik PAC GP Ansor Baki.
 


Gus Toni, sapaan akrabnya berpesan agar pengurus baru ini bisa berkontribusi baik untuk NU maupun pemerintahan walau sekecil apapun.


"Sepeda tidak akan bisa berjalan kalau semua ingin menjadi roda depan, gak bisa jalan kalo ingin jadi sedel, gak akan bisa jalan kalo tanpa roda, dan roda gak akan bisa berjalan kalau tanpa ban," ucapnya.


Demikian pula dengan organisasi lanjutnya, jangan sekali-sekali berpikiran bahwa berkhidmah hanya bagian kecil yang usul-usulnya gak mungkin didengar dan dianggap. "Justru dari hal-hal kecil itu yang nantinya bisa membuat organisasi kita ini lebih berkembang dan lebih baik lagi," terangnya.


Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Baki Winartomo menyampaikan, menjadi ketua dan pengurus di lingkungan NU tidak ada gajinya, namun yang terpilih harus bisa mengemban amanah dengan ikhlas. 


"Pemimpin yang kemarin bukan berarti tidak baik, justru sempurnakan kepemimpinan yang sekarang ini dengan selalu melibatkan saran dan masukan dari ketua-ketua sebelumnya," ungkapnya.


Ketua PAC GP Ansor Baki M Anwar Hasan kepada NU Online Jateng, Rabu (27/7/2022) mengajak kepada seluruh jajaran pengurusnya untuk selalu kreatif dan inovatif dalam segala bidang.


"Kader Ansor adalah pemuda yang ke depannya harus menjadi kader yang kreatif dan inovatif dalam segala bidang. Untuk memajukan bangsa dan tanah air, terutama di wilayah kecamatan Baki," ujarnya. 


Menurutnya, pemuda harus menjadi solusi dalam segala masalah. Ansor berdiri dan diririkan oleh orang-orang hebat seperti Kiai Abdul Wahab Hasbullah sebagai pelopor dan panutan. 


"Kita semua sebagai kader harus melek sejarah dan bisa mencontoh para pendahulu kita yang berjuang untuk Islam dan iman yang benar di era modern ini untuk ummat, kemajuan bangsa, dan tanah air," pungkasnya.


Pengirim: Pamella Puritiara


Regional Terbaru