• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Regional

Kader Ansor Harus Jaga Marwah Nahdlatul Ulama

Kader Ansor Harus Jaga Marwah Nahdlatul Ulama
Kegiatan PKD Ansor di PAC Nguter, Kabupaten Sukoharjo (Foto: NU Online Jateng/Arinto Dwi)
Kegiatan PKD Ansor di PAC Nguter, Kabupaten Sukoharjo (Foto: NU Online Jateng/Arinto Dwi)

​​​​​Sukoharjo, NU Online Jateng
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sukoharjo Zen Fathoni Achmad menegaskan, sebagai kader Ansor harus bisa menjaga marwah organisasi khususnya Nahdlatul Ulama (NU) dan menjadi pribadi yang selalu menjaga akhlak di masyarakat.


"Sebagai anggota ansor yang baru, harus bisa selalu menjaga marwah Ansor dan NU serta tidak lupa menjadi pribadi yang baik di masyarakat, karena sahabat -sahabat semua akan menjadi santri dari KH Hasyim Asyari," tegasnya.
 

Hal itu disampaikan Fathoni di acara pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) yang dihelat Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Nguter di Gedung Serbaguna Desa Lawu, Nguter Sukoharjo, Sabtu-Ahad (27/8/2022).

 
Disampaikan, manjadi anggota ansor itu harus seperti santri yakni ngaji, ngader, dan makaryo. Kiprah semuanya di semua jenjang tingkatan dari ranting hingga cabang. "Jadi tidak terkotak-kotak berdasarkan wilayah teritorial organisasi," ucapnya.


Ketua PAC GP Ansor Nguter Budiyanto kepada NU Online Jateng, Rabu (31/8/2022) menjelaskan, PKD Ansor di Nguter merupakan kegiatan perdana sejak pandemi Covid-19 melandai. Dirinya berharap PKD dapat mencetak generasi yang agamis dan nasionalis, serta dapat menjadikan kader-kader Ansor yang militan terhadap nilai-nilai Ahlussunah Wal Jamaah.


"Sebagai kader baru di Ansor alumni PKD harus memiliki jiwa nasionalisme dan militansi yang kuat untuk kemajuan Ansor dan NU," ucapnya.


Dikatakan, untuk mengoptimalkan kaderisasi Ansor di Kec Nguter setiap Ranting Ansor mengirimkan peserta PKD Ansor angkatan IV tahun 2022 ini, serta beberapa dari PAC Ansor di Kabupaten Sukoharjo sehingga peserta PKD Ansor di Nguter diikuti 44 peserta. 


Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Nguter Kiai Muh Andika berharap semoga pelaksanaan PKD Ansor dapat menciptakan kader Ansor yang nasionalis religius serta religius nasionalis.  


"Tantangan NU di Sukoharjo sangat beragam, tentu NU sangat membutuhkan kader-kader yang militan sebagai generasi penerus estafet kepemimpinan di tubuh NU dan Ansor yang diharapkan bisa meneruskan," ungkapnya.


Acara pembukaan PKD dihadiri oleh jajaran PC GP AnsorSukoharjo, jajaran Pengurus MWCNU Nguter, Ketua PAC Ansor se-Kabupaten Sukoharjo, jajaran Muspika, Badan Otonom NU, dan pengurus PAC GP Ansor Nguter.


Kontributor: Arinto Dwi


Regional Terbaru