• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Dinamika

Ansor Simbangwetan Pekalongan Fokuskan Kemandirian Organisasi

Ansor Simbangwetan Pekalongan Fokuskan Kemandirian Organisasi
Kegiatan Raker Ansor Simbangwetan, Buaran, Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Umam)
Kegiatan Raker Ansor Simbangwetan, Buaran, Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Umam)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Simbangwetan, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan selenggarakan Rapat Kerja I (Raker) di D'Limo Cafe Pekajangan, Kecamatan Kedungwuni, Jumat (9/9/2022). 


Ketua PR GP Ansor Desa Simbangwetan M Zuhdan Alim menjelaskan bahwa program kerja unggulan dalam periode kepengurusannya adalah kemandirian organisasi.
 

"Target utama kami sebagai pengurus baru PR GP Ansor Desa Simbangwetan adalah kestabilan dan kemandirian organisasi. Karena sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa semua kegiatan pasti membutuhkan dana," ungkapnya. 


Menurutnya, kesuksesan sebuah kegiatan memang tidak semuanya berkaitan dengan dana namun pada dasarnya semua kegiatan pasti butuh dana. 


"Entah kegiatan besar maupun kecil, salah satu kebutuhan mendasarnya adalah dana, tidak bisa kita pungkiri. Oleh karena itu, selama dua tahun ke depan kita akan fokus untuk mewujudkan kemandirian organisasi," paparnya. 


Ia melanjutkan, minimnya kas organisasi menjadi alasan lain mengapa kemandirian organisasi harus direalisasikan di kepengurusannya. 


"Sebetulnya kas organisasi ranting kita itu banyak dulunya, tepatnya tiga hingga dua periode yang lalu ketika program jasa pengambilan sampah yang kita kelola berjalan dengan baik hingga menghasilkan aset 2 buah armada roda tiga," ucap Zuhdan sapaan akrabnya. 


Namun sambungnya, karena berbagai faktor termasuk salah satunya adalah pandemi Covid-19 yang menyebabkan mandeknya pemasukan dari berbagai unit usaha yang dikelola, akhirnya habis sudah kas organisasi.


"Di periode kemarin, ketika pandemi Covid-19 berlangsung beberapa unit usaha yang kita kelola di antaranya jasa pengambilan sampah dan produksi batik Ansor berhenti total. Akibatnya organisasi tidak punya pemasukan, namun beberapa kegiatan yang bersifat urgent tetap harus dilaksanakan, dari situlah kemudian kas organisasi menjadi semakin menipis," ujarnya. 


Ia berharap, di periode kepengurusannya kali ini kemandirian organisasi yang pernah dicapai di periode-periode sebelumnya dapat dibangkitkan kembali. 


"Kami optimis bisa memaksimalkan sumber daya kader yang ada. Banyak kader kita yang sudah sukses dan mandiri secara ekonomi. Kemandirian kader yang sudah ada diharapkan dapat menunjang terwujudnya cita-cita kemandirian organisasi," imbuhnya. 


Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Ekonomi Ansor Simbangwetan Mahlul Akbar Syafi' menegaskan, dirinya dan segenap pengurus siap berjuang mewujudkan kemandirian organisasi sebagimana yang diharapkan ketua. 


"Kami dari bidang ekonomi sudah menyiapkan beberapa program kerja, di antaranya pelatihan bisnis online, penjualan apparel Ansor Banser, kaos dengan desain custom, dan penjualan beras zakat fitrah. Mohon doa dan dukungannya agar semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar demi terwujudnya cita-cita organisasi," pungkasnya. 


Kontributor: Muhammad Khoirul Umam


Dinamika Terbaru