Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra

Dinamika

NU Simbangwetan Pekalongan Adakan Bakti Sosial dan Sunnah Kurban ke-19

Panitia Baksos dan sunnah kurban NU Simbangwetan, Kabupaten Pekalongan tahun 2022 (Foto: NU Online Jateng/Umam)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Simbangwetan, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan Bakti Sosial (Baksos) dan Sunnah Kurban ke-19 di Dusun Purwodadi, Desa Kutorojo, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Senin-Selasa (11-12/7). 


Wakil Sekretaris PRNU Simbangwetan Ustadz Haikal Nasrullah mengatakan, baksos dan sunnah kurban adalah kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan setiap Hari Raya Idul Adha. 


"Kegiatan baksos dan sunnah kurban adalah salah satu kegiatan unggulan NU Simbangwetan beserta banom yang sudah berlangsung sejak tahun 2003," ujarnya.


Baca Juga:
PWNU Jateng Keluarkan Pedoman Berkurban


Disampaikan, hewan kurban yang disembelih berupa 3 ekor Sapi dan 7 ekor Kambing. "2 ekor Kambing sudah disembelih hari Senin kemarin, tepatnya tanggal 11 Dzulhijjah di TPQ Hidayatul Mubtadiin Dukuh Wonodadi, Desa Songgodadi, Kecamatan Petungkriono  bekerja sama dengan LIM dan Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) Lirboyo," terangnya. 


Sedangkan yang disembelih di lokasi utama lanjutnya, di Dusun Purwodadi pada tanggal 12 Dzulhijjah ini sejumlah 2 ekor sapi jantan, 1 ekor sapi betina dan 5 ekor Kambing", ungkapnya.


Dirinya berpesan dan berharap kepada masyarakat Dusun Purwodadi agar semangat berkurban seperti ini tidak padam ke depannya. 


"Harapan kami dari masyarakat NU Desa Simbangwetan, semoga langkah kecil kami hari ini dapat memantik semangat masyarakat Dusun Purwodadi kedepan agar dapat melaksanakan ibadah Sunnah Kurban secara mandiri setiap momen Idul Adha. Mungkin bisa dimulai dengan bertahap, tidak perlu mewah yang penting istiqomah," pungkasnya.





Kepada NU Online Jateng, Rabu (13/7/2022) Ketua Panitia Abidzar Al-ghifari menjelaskan, kegiatan baksos dan sunnah kurban merupakan kegiatan kolektif PRNU Desa Simbangwetan beserta banomnya.


"Kegiatan ini diinisiasi oleh NU, disupport oleh Muslimat dan Fatayat serta dilaksanakan dan digerakkan oleh kader-kader muda NU dari IPNU-IPPNU beserta GP Ansor dan Banser. Semuanya saling bersinergi dan bahu membahu mensukseskan program ini," jelasnya.
 

Selain sunnah kurban, kegiatan bakti sosial ini juga diisi dengan berbagai macam kegiatan lain yang punya nilai manfaat untuk masyarakat sekitar.


"Hari pertama diisi dengan berbagai macam perlombaan hiburan dan keagamaan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Ada juga stand permainan dan bazaar pakaian murah yang hasilnya disumbangkan kepada mushala atau masjid setempat," ujarnya. 


Selain itu sambungnya, pada malam hari terdapat juga pengajian umum yang ditujukan kepada masyarakat setempat dan desa-desa tetangga.


"Pengajian pada kegiatan kali ini diisi oleh Gus Mujtaba. Alhamdulillah berjalan lancar dan meriah. Selain dihadiri masyarakat setempat dan desa tetangga, juga dihadiri Pengurus NU beserta banom setempat, dan kepala desa beserta jajarannya," pungkasnya.


Kontributor: Muhammad Khoirul Umam

Muhammad Khoirul Umam
Editor: M Ngisom Al-Barony

Artikel Terkait