• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Sosok

KH Samsul Ma’arif Santri Pekalongan Terpilih sebagai Ketua PWNU DKI Jakarta

KH Samsul Ma’arif Santri Pekalongan Terpilih sebagai Ketua PWNU DKI Jakarta
Ketua PWNU DKI Jakarta, KH Samsul Ma'arif (Foto: Istimewa)
Ketua PWNU DKI Jakarta, KH Samsul Ma'arif (Foto: Istimewa)

Pekalongan, NU Online Jateng
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta periode 2020-2021 KH Samsul Ma'arif terpilih sebagai Ketua PWNU DKI periode 2021-2026 setelah melalui rapat Pleno PBNU.

 

Pria asal Getas, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah merupakan Pejabat (Pj) Ketua PWNU DKI Jakarta 2020-2021 yang bertugas melanjutkan estafet kepemimpinan dari sosok H Saifullah yang wafat pada tahun 2020. 

 

Keputusan ini didasarkan pada rapat pengurus harian Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebagai amanat dari Konferensi Wilayah (Konferwil) XX PWNU DKI Jakarta, pada 2-4 April 2021 lalu. 

 

“Diputuskan KH Muhyidin Ishaq dan KH Samsul Ma’arif (sebagai Rais dan Ketua PWNU DKI Jakarta Terpilih),” terang Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini, Kamis (8/4) malam.  

 

Sebelumnya, Konferwil XX PWNU DKI Jakarta yang dilangsungkan di Hotel Sultan Jakarta Pusat pada akhir pekan lalu tidak membuahkan hasil. Sebab masing-masing calon Ketua PWNU DKI, H Marullah dan Kiai Samsul sama-sama mendapatkan tiga suara dari total enam suara yang diambil dari PCNU se-DKI, selama dua kali putaran pemilihan. 

 

Keputusan dipilihnya Kiai Samsul merupakan amanat dari aturan yang termaktub di dalam Tata Tertib Pemilihan Rais Syuriyah dan Ketua PWNU DKI Jakarta, pada konferwil lalu. Dinyatakan, jika pemilihan kedapatan hasil seri selama dua kali putaran maka putusan akan diserahkan ke PBNU.   

 

Wasekjen PBNU H Ulil Abshar Hadrawi yang turut memimpin sidang pemilihan pada Konferwil PWNU DKI Jakarta saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pemilihan ini masih bersifat informal. Formalitasnya menyusul dalam bentuk SK.   

 

KH Samsul Ma’arif lahir di Pekalongan, 6 Mei 1969 berasal dari keluarga aktivis NU. kakaknya, KH Syaiful Bahri saat ini menjabat sebagai Rais PCNU Kabupaten Pekalongan. Dirinya menamatkan pengembaraan keilmuannya di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, pada 1991. 

 

Dilanjutkan menempuh studi strata satu di Fakultas Syariah Universitas Attahiriyah (Uniat) Jakarta (1996). Ia juga telah tuntas menempuh program studi magister (2001) serta doktoral (2008) di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.  

 

Selain sibuk berorganisasi, Kiai Samsul juga disibukkan dengan mengajar di perguruan tinggi. Pada 1996-2018, ia mengajar di Universitas Islam At-Tahiriyah (Uniat) Jakarta. Lalu pada 2015-2018, ia menjadi Kepala Program Studi (Kaprodi) Pascasarjana Uniat Jakarta dan sebagai Dosen Pascasarjana di Universitas Islam Asy-Syafiiyah (UIA) pada 2018-2020.  

 

Penulis: M Ngisom Al-Barony
Editor: Samsul Huda


Sosok Terbaru