• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 17 Mei 2024

Regional

RSINU Demak Layani Informasi dan Pengaduan Masyarakat Gunakan Aplikasi 

RSINU Demak Layani Informasi dan Pengaduan Masyarakat Gunakan Aplikasi 
kegiatan boncang dan diskusi layanan infoarmasi dan aduan di RSINU Demak (Foto: NU Online Jateng/Samsul)
kegiatan boncang dan diskusi layanan infoarmasi dan aduan di RSINU Demak (Foto: NU Online Jateng/Samsul)

Demak, NU Online Jateng 
Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak tercatat paling tinggi dalam memberikan layanan kesehatan masyarakat melalui aplikasi Saluran Informasi Penanganan Pengaduan (SIPP) pada awal tahun 2024.


Staf khusus Direktur RSINU Demak Ahmad Syafi'i mengatakan, atas capaian kerja dalam hal layanan masyarakat melalui aplikasi SIPP itu manajemen BPJS memberikan apresiasi agar prestasi ini dipertahankan, bahkan diupayakan untuk ditingkatkan lagi.


"Salah satu bentuk apresiasi itu, pimpinan BPJS Kantor Cabang Utama mengunjungi RSINU Demak untuk menyaksikan langsung layanan melalui aplikasi SIPP dan berdialog langsung dengan petugas yang menangani layanan ini," kata Syafi'i di Demak, Rabu, (1/5/2024).


Menurutnya, selain berdialog saat melakukan kunjungan beberapa waktu lalu, rombongan KCU BPJS Semarang yang dipimpin Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Anif Saofika Pratama juga memberi pembekalan sekaligus mengikuti presentasi manajemen SIPP RSINU Demak yang dikemas dalam acara kegiatan 'Bincang dan Diskusi' Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan RSINU Demak, Senin (22/4/2024).


Setelah mengikuti dialog dan menyaksikan presentasi itu Anif Saofika Pratama menyampaikan, capaian realisasi layanan informasi melalui aplikasi SIPP itu tercatat paling tinggi di lingkungan KCU BPJS Semarang untuk wilayah Kabupaten Demak.


"Selama awal tahun ini, jumlah penginputan informasi terkait permintaan informasi dan pengaduan melalui aplikasi SIPP mencapai 667 kali. Rinciannya meliputi permintaan informasi sebanyak 661 dan informasi pengaduan sebanyak 6 kali," ucapnya.


Dalam kegiatan itu lanjutnya, juga disampaikan perkembangan peningkatan layanan tentang kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) seperti penambahan anggota untuk bayi yang baru lahir, peserta penerima bantuan iuran (PBI) yang non aktif, peserta bukan penerima upah (PBPU) mandiri yang non aktif, dan lain-lain. 


Melalui kegiatan ini ujarnya, manajemen BPJS memperoleh masukan yang banyak dari lapangan, berbagai informasi dan pertanyaan terutama yang terkait dengan layanan kepesertaan akan menjadi bahan perbaikan layanan kepada masyarakat.


Kegiatan bincang dan diskusi Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan RSINU Demak selain diikuti para petugas SIPP juga dihadiri Wakil Direktur Medis drg Ananta Hastuti, Wakil Direktur Umum dan Keuangan Sa'adati, perwakilan petugas Mobile JKN, PIC Pelayanan, Petugas Tempat Pendaftaran Pasien Gawat Darurat (TPPGD), perwakilan kepala ruang inap, dan perwakilan poli rawat jalan.


Penulis: Samsul Huda
 


Regional Terbaru