• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 16 April 2024

Regional

RSINU Demak Nyatakan Siap Support Program Kesehatan Ibu dan Anak

RSINU Demak Nyatakan Siap Support Program Kesehatan Ibu dan Anak
Direktur RSINU Demak dr H Abdul Aziz (dua dari kanan) (Foto: Dok RSINU Demak)
Direktur RSINU Demak dr H Abdul Aziz (dua dari kanan) (Foto: Dok RSINU Demak)

Demak, NU Online Jateng
Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak siap mensuport program-program yang dicanangkan pemerintah, terutama di bidang kesehatan ibu dan anak seperti kesehatan reproduksi, Keluarga Berencana (KB), dan stunting. 


Direktur RSINU Demak dr H Abdul Aziz mengatakan, rumah sakit yang dipimpinnya mempunyai fasilitas layanan unggulan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obgyn) dengan jumlah 3 dokter obgyn dua di antaranya wanita dan layanan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) 24 jam.


"Selain itu juga didukung layanan Poli selama 6 hari," kata dokter Aziz melalui siaran pers bagian Humas RSINU Demak yang diterima redaksi NU Online Jateng, Jumat (25/5/2023).


Dokter Azis yang juga Koordinator Perumahsakitan, Klinik, dan Apotik Lembaga Kesehatan PBNU mengatakan hal itu saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan praktik Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitasi Kesehatan Angkatan II yang berlangsung di RSINU Demak selama dua hari, Rabu-Kamis (25-26/5/2023).


Disampaikan, atas nama manajemen RSINU Demak, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah bersama mitra yang mempercayai rumah sakit yang dipimpinnya dijadikan tempat pelatihan praktik pelayanan kontrasepsi.





Panitia kegiatan dari BKKBN Jateng Romdhon menjelaskan, kegiatan pelatihan diikuti 15 peserta, utusan dari lima kabupaten meliputi kabupaten Demak, Kudus, Jepara, Pati, Rembang, dan Blora. 


"Tujuan pelatihan ini untuk memberikan bekal dan meningkatkan kemampuan agar para bidan dapat melakukan praktik pelayanan kontrasepsi IUD dan Implan di tempat mereka bekerja," terangnya.


Mereka lanjutnya, sudah mendapatkan materi pelatihan di kelas sejak tanggal 22 Mei 2023 di Hotel Amantis Demak dan pada tanggal 25 dan 26 mengikuti praktik pemasangan IUD dan Implan di RSINU Demak. 


"Narasumber kegiatan ini dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Tengah, dan Dokter dari RSUP Karyadi," pungkasnya.


Pengirim: Syafii


Regional Terbaru