• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 28 Februari 2024

Regional

HARI SANTRI

Peringati Hari Santri 2023, MWCNU Tirto Pekalongan Gelar Istighotsah dan Pengajian Umum

Peringati Hari Santri 2023, MWCNU Tirto Pekalongan Gelar Istighotsah dan Pengajian Umum
Kegiatan peringatan hari santri di MWCNU Tirto, Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Khairul Anwar)
Kegiatan peringatan hari santri di MWCNU Tirto, Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Khairul Anwar)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan badan otonomnya di Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan memperingati puncak Hari Santri 2023 dengan menggelar kegiatan istighotsah dan pengajian umum bertempat di gedung MWCNU Tirto, Jalan Raya Tanjung, Sabtu (21/10/2023).


Ketua MWCNU Tirto Kiai Multazam mengatakan, MWCNU Tirto ke depan ingin jiwa santri dan jiwa keorganisasian NU itu tetap terjaga sehingga adanya lomba-lomba yang diadakan pada bulan ini nuansanya untuk mencari bakat.


“Acara-acara yang digelar itu ingin menggali potensi dan sekaligus meningkatkan jiwa santri melalui organisasi NU maupun banomnya,” ujarnya.


Kiai Multazam berharap, NU dan banomnya di Tirto tambah maju, bisa memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat, baik secara organisasi maupun individu.


Pengasuh Pesantren 'Ayo Ngaji' Karangdadap Kabupaten Pekalongan KH Abdul Kholid Ma’rufi menyampaikan, hari santri diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 Oktober 2015 atas lobi dari PBNU. Artinya, sudah 8 tahun hari santri diperingati.


“8 tahun awake dewe nembe diakui, karena sebelum-sebelumnya tidak ada angan-angan hari santri. Kira-kira mau maturnuwun sama Pak Jokowi mboten? Karena kalau bukan presiden yang mau meresmikan hari santri siapa lagi?,” ucapnya.


Disampaikan, kaum nahdliyin harus berterima kasih kepada pemerintah karena sudah memberi ruang yang luar biasa dengan diresmikannya hari santri pada tahun 2015. 


“Maka akhirnya kemudian munculah RUU Pesantren di mana pemerintah akan memberikan dukungan kepada pesantren, dari yang tadinya yang dibiayai hanya sekolah-sekolah formal dan kampus,” imbuhnya.


Ketua panitia kegiatan Hari Santri MWCNU Tirto Faliqul Isbah kepada NU Online Jateng, Selasa (24/10/2023) menjelaskan, selain istighotsah dan pengajian umum, MWCNU Tirto juga mengadakan rangkaian kegiatan lainnya di momentum Hari Santri 2023.


“Sebelumnya kami menggelar lomba Porseni antar-MI se-Kecamatan Tirto, lomba pidato, khatmil Qur’an dan jalan sehat, serta puncaknya adalah istighotsah dan pengajian,” terangnya.


Dirinya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung terlaksananya rangkaian kegiatan Hari Santri 2023. “Semoga berkah dan manfaat untuk kita semuanya,” tutupnya.


Kontributor: Khairul Anwar


Regional Terbaru