• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 28 Februari 2024

Regional

HARI SANTRI

Hadapi Pemilu 2024, PCNU Kota Pekalongan: Mari Kita Nikmati Saja

Hadapi Pemilu 2024, PCNU Kota Pekalongan: Mari Kita Nikmati Saja
Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin di acara apel hari santri 2023 di Gedung Aswaja (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin di acara apel hari santri 2023 di Gedung Aswaja (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan H Muhtarom mengatakan, menghadapi tahun politik yang penuh dengan hingar bingar apa  sebenarnya yang sedang terjadi hanya bisa dipantau lewat media sosial.


"Kami berpesan kepada warga NU untuk menyikapi persoalan pemilu presiden dengan tenang, kita nikmati saja dan kita akan mengikuti apa yang akan diperintahkan oleh para kiai NU karena ini hanya dinamika sementara," ujarnya.


Pernyataan itu disampaikan di hadapan ratusan peserta apel Hari Santri 2023 yang dihelat bersama Pemerintah Kota Pekalongan di Gedung Aswaja Jalan Sriwijaya 2, Kota Pekalongan pada Ahad (22/10/2023) pagi.


Menurutnya, perkembangan situasi global, nasional, maupun regional sangatlah dinamis. Oleh karena itu, dirinya berpesan agar dinitmati saja situasi di tahun politik menjelang 2024.


"Jangan sampai kondisi yang demikian malah menjadi sarana perpecahan di antara kita kaum nahdliyin. Maka kita harus berbenah diri dan siap ditata sesuai aturan di NU," tegasnya.
 


Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin menjelaskan, kegiatan peringatan Hari Santri di Kota Pekalongan dilakukan bersama NU sejak awal hingga sekarang. 


"Sebenarnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan akan memberikan kejutan kepada para kiai pengasuh pesantren di momen hari santri ini, namun karena sesatu dan lain hal, maka kejutan itu ditunda," ungkapnya.


Dirinya mengucapkan terima kasih kepada PCNU yang telah menggelar beberapa kegiatan menyemarakkan Hari Santri 2023. "Tentu kami berharap, kerja-kerja bersama tidak pada kegiatan hari santri saja, akan tetapi juga kegiatan-kegiatan lain yang memerlukan kehadiran tokoh-tokoh NU di lapangan," katanya.


Panitia Hari Santri 2023 Ilman Nafi' menjelaskan, beberapa kegiatan hari santri telah dilaksanakan. Panitia masih menyisakan satu acara yakni Santri Pekalongan Bersholawat bersama Grup Kasidah Az-Zahir Pimpinan Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf pada Selasa (24/10/2023) malam di Lapangan Peturen Kelurahan Tirto, Kota Pekalongan.


"Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan ikut menyukseskan agenda tahunan Peringatan Hari Santri," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony
 


Regional Terbaru