• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Regional

HARI SANTRI

Hadrah Az-Zahir Bakal Semarakkan Peringatan Hari Santri 2023 di Kota Pekalongan

Hadrah Az-Zahir Bakal Semarakkan Peringatan Hari Santri 2023 di Kota Pekalongan
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Pekalongan, NU Online Jateng
Grup Hadrah Az-Zahir besutan Habib Ali Zainal Abidin Assegaf bakal semarakkan peringatan Hari Santri 2023 bersama ulama, kiai, habaib, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) di Lapangan Mataram pada Selasa (24/10/2023).


Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan H Muhtarom mengatakan, sejumlah agenda peringatan Hari Santri 2023 di Kota Pekalongan telah dipersiapkan. "Secara teknis pelaksanaan kegiatan ditangani oleh Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) bekerja sama dengan Pemkot dan Kemenag Kota Pekalongan," ujarnya.


Disampaikan, meski kegiatan hari santri tahun 2023 bersamaan dengan kegiatan Peringatan Maulidurrasul 1445 Hijriah yang dihelat Habib Luthfy bin Yahya yakni Ahad (22/10/2023), kegiatan hari santri tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disusun panitia.


"Rangkaian kegiatan hari santri tetap berjalan sesuai jadwal meski ada waktu yang bersamaan dengan peringtatan Maulidrrasul di Kanzus Shalawat," ucapnya.


Ketua RMINU Kota Pekalongan KH Ghulamun Khalim menyampaikan, beberapa waktu lalu tepatnya pada 19 Spetember 2023. PCNU sudah melakukan koordinasi dengan Pemkot Pekalongan menyampaikan segala persiapan peringatan Hari Santri.


"Terkait rencana kegiatan hari santri tahun 2023 di Kota Pekalongan ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya untuk mengugah semangat para santri dan pesantren dalam menghadapi situasi zaman," terangnya. 


Dalam siaran pers yang diterima NU Online Jateng, Senin (2/10/2023) disampaikan, ada beberapa kegiatan penunjang yakni seminar nasional perempuan  pesantren, halaqah pesantren dengan para santri, kiai, dan cendekiawan Islam.


"Kemudian pesantren inovatif dengan bentuk acara asistensi pesantren menjadi pembeda hari santri tahun ini," ucap Gus Halim panggilan akrabnya.


Ketua panitia Kiai Abidin menjelaskan, peringatan hari santri tahun 2023 sengaja didesain atraktif dan melibatkan semua pihak. Mulai dari kalangan santri dan pesantren, masyarakat, dan umaro.


"Kami mengajak para santri untuk turut serta berpartisipasi mensukseskan acara peringatan Hari Santri dengan mengikuti sejumlah rangkai kegiatan yang telah dipersiapkan," ungkap Kiai Abidin yang juga pengasuh Pesantren Syafi'i Akrom itu.


Berikut agenda peringatan Hari Santri 2023 di Kota Pekalongan:


Rabu - Kamis, 18-19 Oktober 2023
Kick Off Festival Hari Santri Kota Pekalongan 2023 dan Lomba Santri di Kampus I UIN Gus Dur Pekalongan. Ada 6 cabang lomba di antaranya:  (a) Liga Santri Futsal, (b) Karya Tulis Ilmiyah, (c) Lomba Tahfidh al-Qur'an, (d) Lomba Msabaqah Qiraatul Kutub (MQK), (e) Lomba Da'i, dan (f) Lomba Pujian Jawa


Jumat, 20 Oktober 2023
Seminar Nasional Perempuan Pesantren di Ruang Jlamprang Setda Kota Pekalongan. Hadir sebagai Narasumber Ning Imas Fatimatuzzahto dari Lirboyo Kediri, Jawa Timur, dr Nur Ba'ah, Sp.OG, dan Ketua PKK Kota Pekalongan Hj Inggit Soraya Afzan Djunaid sebagai Keynote Speaker.


Sabtu, 21 Oktober 2023
Khatmil Qur'an dan Halaqah Pesantren: santri, kiai, dan cendekiawan di Gedung Aswaja Kota Pekalongan dengan narasumber Ketua PBNU KH Ulil Absar Abdalla, Wakil Ketua Lesbumi PBNU Zastrow Al-Ngatawi, dan Rektor UIN KH Abdurrahman Wahid Prof H Zaenal Mustakim.


Ahad, 22 Oktober 2023
Apel Hari Santri 2023 di Halaman Gedung Aswaja Kota Pekalongan bersama Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, Ketua PCNU Kota Pekalongan H Muhtatom, beserta santri, kiyai dan siswa madrasah se-Kota Pekalongan.


Senin, 23 Oktober 2023
Pesantren Inovatif 2023 yang dilakukan dalam rangka asistensi pesantren dari aspek administrasi, kurikulum, kegiatan, dan kemandirian pesantren.


Selasa, 24 Oktober 2023
Istighotsah dan santri bershalawat bersama Az-Zahir Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, pengasuh pesantren, PCNU bersama Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Forkopimda Kota Pekalongan di Lapangan Mataram. (*)


Regional Terbaru