• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Nasional

Wapres Kiai Ma'ruf Amin Dorong Unwahas Kontribusi Prestasi Olahraga dan Belajar Mengajar

Wapres Kiai Ma'ruf Amin Dorong Unwahas Kontribusi Prestasi Olahraga dan Belajar Mengajar
Wapres Kiai Ma'ruf Amin resmikan rumah sakit, gedung Farmasi dan olahraga di kampus Unwahas Semarang (Foto: Dok)
Wapres Kiai Ma'ruf Amin resmikan rumah sakit, gedung Farmasi dan olahraga di kampus Unwahas Semarang (Foto: Dok)

Semarang, NU Online Jateng
Wakil Presiden RI Prof KH Ma'ruf Amin mendorong civitas akademika Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang agar memaksimalkan kontribusinya dalam memajukan aktivitas olahraga selain belajar mengajar di tanah air.


"Pemerintah sudah menyiapkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang menjadi salah satu acuan dan peta jalan menuju Indonesia Emas 2045," kata Kiai Ma'ruf di Semarang, Kamis (22/9/2022).


Kiai Ma'ruf Amin yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengatakan hal itu dalam upacara peresmian Gedung Rumah Sakit Wahid Hasyim,  Fakultas Farmasi dan Sport Center Unwahas di komplek Kampus II Unwahas Semarang.


Menurutnya, peta jalan itu disusun dalam upaya mewujudkan Indonesia bugar, berkarakter, dan berprestasi dunia yang menjadi bagian dari visi besar untuk mengharumkan bangsa Indonesia dalam percaturan internasional di bidang olahraga.


"Hal ini dapat terwujud melalui gerakan sinergitas yang melibatkan seluruh elemen bangsa, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, media, akademisi, dunia usaha, dan sebagainya," ujarnya.



 

"Maka kami minta Unwahas dapat mengambil bagian dari upaya-upaya itu, melalui fasilitas sarana olahraga yang diresmikan ini diharapkan akan lahir atlet kelas dunia dan generasi berwawasan global," sambungnya.


Sebelumnya, ketua Yayasan Wahid Hasyim Semarang (YWHS) Prof KH Noor Achmad saat menyampaikan sambutan menjelaskan, sejak berdiri 22 tahun lalu Unwahas berhasil mengukir berbagai prestasi akademik maupun non akademik mulai dari tingkat regional, nasional hingga internasional.


Menurutnya, salah satu faktor yang menunjang prestasi akademik di antaranya tersedianya fasilitas pendukung perkuliahan yang berkualitas mulai dari ruang perkuliahan, laboraturium, perpusatakaan, dan sebagainya.





Keberhasilan di bidang akademik lanjutnya, juga diikuti di bidang prestasi olahraga yang dicatat para mahasiswa Unwahas, di antaranya atlit panjang tebing atas nama Kiromal Katibin yang beberapa waktu lalu berhasil meraih juara dunia lomba panjat tebing.


"Kehadiran fasilitas sport center yang hari ini diresmikan wapres merupakan respons serius dari Unwahas dalam turut serta membangun dunia olahraga nasional," pungkasnya.


Di sela peresmian dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unwahas yang diwakili Prof KH Mudzakir Ali (rektor), dengan BAZNAS (Prof KH Noor Achmad) dan KONI (Marciano Norman).


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru