• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Nasional

Pemilu 2024 Lancar, PBNU: Ini Kemenangan Indonesia

Pemilu 2024 Lancar, PBNU: Ini Kemenangan Indonesia
Keterangan pers Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf terkait dengan Pemilu 2024 (Foto: NU Online)
Keterangan pers Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf terkait dengan Pemilu 2024 (Foto: NU Online)

Jakarta, NU Online Jateng
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Chalil Staquf mengatakan, jalannya proses pemilihan umum (Pemilu) 2024 hingga pemungutan suara telah berjalan dengan baik. Menurut Gus Yahya, kesuksesan tersebut merupakan kemenangan Indonesia. 


"Dalam sudut pandang kami merupakan kemenangan Indonesia. Sampai detik ini kami menyimpulkan bahwa dalam proses ini, Indonesia sudah menang karena proses berjalan dengan baik, damai, lancar, dan diselesaikan. Kita tinggal menunggu hasilnya," ujarnya.


Hal itu diungkapkan Gus Yahya dalam konferensi pers di Gedung PBNU Jakarta, Jumat (16/2/2024). 


Gus Yahya menyampaikan, masalah-masalah yang terjadi selama pemilu harus diselesaikan secara hukum yang berlaku. Sehingga, menurut dia, tidak ada masalah yang tidak selesai karena diselesaikan dengan jelas secara hukum. 


"Berkaca dari suasana selama proses sampai sekarang, kami berkeyakinan bahwa bangsa Indonesia akan mampu menyelesaikan semua ini sampai akhir dengan baik pula apapun hasilnya akan diterima baik pula oleh semua pihak karena sampai sekarang kita tidak melihat potensi masalah berarti," terangnya.


Gus Yahya juga melihat tidak ada potensi masalah yang berarti usai Pemilu 2024. Hal itu sudah ketahuinya melalui laporan-laporan dan rapat-rapat yang sudah digelar oleh PBNU secara tertutup. 


"Kita melihat tidak ada potensi masalah yang berarti, semuanya Insyaallah bisa diselesaikan dengan baik jadi kalau tiba-tiba ada masalah, pasti ada yang bikin karena sampai saat ini kita tidak melihat ada potensi," ungkap Gus Yahya. 


Hasil sementara pilpres 2024 Berdasarkan data yang masuk sebanyak 63,57 persen di situs https://pemilu2024.kpu.go.id pada Sabtu (17/4/2024) pukul 16.00 WIB, Prabowo-Gibran memperoleh suara 57,43 persen.   


Lalu pasangan nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar 24,7 persen. Kemudian pasangan nomor urut 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat perolehan suara 17,87 persen. 


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Nasional Terbaru