• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Nasional

NU Peduli Jateng Luncurkan Open Donasi untuk Gempa Cianjur 

NU Peduli Jateng Luncurkan Open Donasi untuk Gempa Cianjur 
Rumah warga terdampak gempa (Foto: nu online jabar)
Rumah warga terdampak gempa (Foto: nu online jabar)

Semarang, NU Online Jateng
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah melalui Satgas NU Peduli Jateng meluncurkan open donasi untuk meringankan beban warga terdampak bencana gempa Cianjur Jawa Barat.

 
Wakil Ketua PWNU Jateng KH Mandzur Labib mengatakan, warga masyarakat yang akan berpartisipasi dapat berdonasi dapat melalui rekening LAZISNU Jateng BCA: 068 333 1926 dan Bank Syariah Indonesia  (BSI) : 2000770003.


"Perangkat atau lembaga di bawah NU wilayah Selasa (22/11/2022) malam sudah kami kondisikan, pembagian tugas untuk melancarkan tugas kemanusiaan sudah ditentukan, kami akan terus berkoordinasi dan memantau perkembangan di lapangan," kata Gus Mandzur 


Hal itu disampaikan usai memimpin rapat konsolidasi secara daring PWNU Jateng bersama lembaga dan perangkat organisasi yang tergabung dalam Satgas NU Peduli Jateng untuk Cianjur Jawa Barat.


Disampaikan, informasi dari lapangan yang diterima Posko NU Peduli Jateng menyebutkan, pos pengungsian warga terdampak belum terkoordinir, tenda dan sanitasi masih seadanya, belum ada data terpilah sesuai kerentaan penyintas (usia, gender, dan kondisi fisik), pasokan logistik sulit menjangkau lokasi dan sebagainya.


"Hal mendesak yang harus segera tertangani antara lain makan siap saji untuk warga terdampak, tenda kesehatan, peralatan masak untuk dapur umum, kebutuhan wanita, anak/bayi/lansia, dan sebagainya," terangnya.





Dia menambahkan, setelah melalui berbagai pertimbangan dan mempelajari laporan dari lapangan, diputuskan aksi pengiriman Tim Pendahulu dilaksanakan  pada hari Rabu (23/11/2022) dari Kantor PWNU Jateng pukul 19.00.


Kekuatan yang disiapkan meliputi:
1 Unit Mobil Klinik Cilacap 
1 Unit Mobil Tim Reaksi Cepat (TRC) Double Cabin Cilacap 
1 Unit Mobil Bak terbuka Cilacap 
1 Unit Mobil Logistik Cilacap
1 Unit Tenda Besar (posko) 1 unit tenda sedang 
1 Unit Tenda kecil dan 
1 Unit Tenda kerucut,
1 Unit Genset dan beberapa Tandon Air.
2 Unit Mobil TRC PWNU Jateng
1 Unit Mobil Klinik lengkap dengan obat-obatan PWNU Jateng,
1 Unit mobil hiace dari Temanggung. 


"Kekuatan tim bisa ditambah lagi melihat kebutuhan di lapangan. Sedangkan personel meliputi 16 relawan dengan berbagai spesifikasi dari Cilacap, 34 relawan dari Kudus, Batang, dan Pekalongan," ucapnya.


Ketua LAZISNU Jateng H Muhammad Mahsun menjelaskan, dana masyarakat yang terhimpun melalui LAZISNU akan disalurkan sesuai dengan kebutuhan warga terdampak yang memang harus dibantu. Informasi terakhir yang diperoleh dari lokasi gempa berkekuatan magnitudo M5,6 yang mengguncang Cianjur dan sekitarnya mengakibatkan banyak bangunan yang runtuh dan menimpa warga. 


"Data per Selasa (22/11/2022) pukul 09.55 WIB dilaporkan 103 Korban jiwa, 377 korban luka-luka, 7.060 jiwa pengungsi, 25 orang hilang, 3.075 rumah rusak ringan, 33 unit rumah rusak sedang, dan 59 rumah rusak berat," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru