• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Nasional

NU Jateng Peduli Bencana Kirim Tim Asesment Ke Lokasi Gempa Cianjur

NU Jateng Peduli Bencana Kirim Tim Asesment Ke Lokasi Gempa Cianjur
Tim NU jateng Peduli Bencana (Foto: Istimewa)
Tim NU jateng Peduli Bencana (Foto: Istimewa)

Semarang, NU Online Jateng
Tim asesment NU Peduli Jateng bergerak cepat, pagi ini sudah sampai di lokasi bencana alam gempa bumi Cianjur, Jawa Barat dan langsung berkoordinasi dengan Lembaga Penanggulangan Bencana Dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBPI) PCNU Kabupaten Cianjur.


Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jateng H Muhammad Mahsun mengatakan, LAZISNU Jateng sebagai bagian dari gugus tugas NU Peduli sedang mematangkan koordinasi dengan anggota tugas gugus lain dibawah NU seperti LKNU, LPBPI, dan lembagan lain bersama banom - banom NU dan siap untuk bergerak membantu korban bencana di Cuanjur.


"Tim asesment NU Peduli Jateng yang diwakili NU Peduli Kabupaten Magelang saat ini sudah sampai Cianjur. Sambil menunggu hasilnya, kami bersama gugus tugas lain menyiapkan diri untuk bergerak ke lokasi bencana," kata Mahsun


Mahsun mengatakan hal itu disela kesibukannya berkoordinasi dengan tim NU Jateng Peduli di Sekretariat PWNU Jateng Jl Dr Cipto Semarang, Selasa (22/11) pagi.


Disampaikan, saat ini sudah ada tiga tim kesehatan yakni dari NU Cilacap, NU Temanggung dan RSINU Demak yang siap diberangkatkan ke lokasi bencana beranggotakan dokter, relawan, dan paramedis yang dibekali dengan obat-obatan, tenda, dan mobil klinik.


Ketiga tim itu lanjutnya, akan berangkat siang ini. Selanjutnya akan menyusul tim-tim lainnya setelah ada informasi valid dari tim asesment yang saat ini sedang berkoordinasi dengan PCNU Cianjur.


"Hasil koordinasi dijadwalkan akan dilaporkan ke Posko NU Peduli Jateng Selasa siang ini. Dari asesment itulah diidentifikasi dan ditentukan skala prioritas tindak lanjutnya," terangnya.
 

Dikatakan, LAZISNU Jateng pagi ini sudah memperoleh informasi awal dari Pemda Cianjur bahwa pusat gempa di wilayah Kecamatan Cugeneng, hingga kini masih ada warga yang belum dievakuasi karena kendala akses jalan, terutama Desa Perkebunan Gede dan Desa Padaluyu.


"Kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi di antaranya tenda darurat, logistik, pakaian, alat kesehatan terutama untuk menangani korban patah tulang," ungkapnya.


Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga atas korban meninggal dunia akibat gempa di Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11/2022) siang.


"Semoga yang telah meninggal dapat husnul khatimah, dalam arti mendapatkan ampunan dan kasih sayang dari Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkannya mendapatkan tambahan keberkahan dari Allah SWT, dengan tetap tabah dan mendekatkan diri serta berdoa kepada-Nya," ujar Ketua PWNU Jateng HM Muzamil.


Dirinya berharap semoga tidak terjadi gempa susulan dan tidak menimbulkan tsunami. "Insyaallah secepatnya pihaknya melakukan koordinasi dengan lembaga terkait untuk membantu meringankan beban warga terdampak gempa. "Secepatnya akan kita koordinasikan," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda
 


Nasional Terbaru