• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Dinamika

Realisasikan Program, MWCNU Cilongok Banyumas Gelar Musker

Realisasikan Program, MWCNU Cilongok Banyumas Gelar Musker
Kegiatan musyawarah kerja MWCNU Cilongok Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Yanuarreza)
Kegiatan musyawarah kerja MWCNU Cilongok Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Yanuarreza)

Banyumas, NU Online Jateng
Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas masa khidmat 2022-2027 menggelar Musyawarah Kerja (Musker) untuk menindaklanjuti keputusan konferensi MWCNU di aula SMK Ma'arif NU 1 Cilongok, Ahad (27/11/2022).
 

Ketua MWCNU Cilongok Nur Abdidin mengatakan, dengan perkembangan dunia teknologi informasi semua program kerja MWCNU Cilongok harus berbasis data, bukan hanya mengandalkan daya ingatan saja.


"Hal ini senada dengan perkembangan dunia yang mengarah kepada revolusi 5.0, di mana teknologi informasi harus berbarengan dengan big data," ujarnya.

 
Dirinya menyampaikan rasa prihatin dengan big data yang dimiliki NU yang masih lemah. "Kita tidak bisa menjawab jumlah warga NU, jumlah masjid NU, data guru karyawan NU, dan yang terbaru klinik NU medika yang jumlah kapitasi migrasi fakses yang masih rendah, ini tentu menjadi prioritas program kerja yang harus dientaskan," tegasnya.


Oleh karena itu lanjutnya, persoalan-persoalan yang sangat mendasar harus dituntaskan dan musker sebagai pintu masuk untuk melakukan pembenahan di segala hal. 


"Dalam konferensi kemarin banyak rekomendasi program, baik itu evaluasi maupun gagasan-gagasan baru guna mengembangkan NU terutama berbasis masyarakat Cilongok yang mayoritas merupakan warga Nahdliyin," terangnya.

 
Menurutnya, dengan mengusung spirit kolaborasi, di mana kepengurusan MWCNU Cilongok melibatkan berbagai latar belakang profesi dan keahlian. Lebih menariknya generasi milenial juga mengisi lini pengurus diberbagai lembaga diharapkan program kesehatan, perekonomian, pendidikan, pendataan aset, dan kemandirian organisasi dapat berjalan dengan baik.


"Saat ini Klinik NU Cilongok sudah beroperasi tapi bukan berarti selesai. Jajaran direksi meski harus bergerak lebih cepat untuk lebih maju dan gemilang," ucapnya.


Kepada NU Online Jateng, Rabu (30/11/2022) Nur Abidin menjelaskan, program unggulan MWCNU Cilongok adalah berupa NU Center yakni pengadaan gedung pusat kegiatan organisasi di lingkungan NU.


"Alhamdulilah semakin hari semakin menunjukkan progres yang menggembirakan. Aset berupa tanah seharga Rp2,1 Miliar sudah dapat dibeli, nantinya tinggal proses administrasi dan pembangunan," ungkapnya. 


Musker diikuti seluruh jajaran pengurus MWCNU, badan otonom, lembaga dan Ranting NU se-Kecamatan Cilongok, Banyumas.


Pengirim: Yanuarreza
 


Dinamika Terbaru