• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Dinamika

IPNU-IPPNU Sukoharjo Gelar Seminar Pelajar Bertajuk 'Pelajar Cerdas Anti Bullying'

IPNU-IPPNU Sukoharjo Gelar Seminar Pelajar Bertajuk 'Pelajar Cerdas Anti Bullying'
Kegiatan seminar dan konfercab IPNU-IPPNU Sukoharjo (Foto: NU Online Jateng/Arinto Dwi)
Kegiatan seminar dan konfercab IPNU-IPPNU Sukoharjo (Foto: NU Online Jateng/Arinto Dwi)

Sukoharjo, NU Online Jateng
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Sukoharjo menggelar acara seminar pelajar dengan tema 'Pelajar Cerdas Anti Bullying' dan Konfercab PC IPNU Sukoharjo ke-7 di SMP IT Al-Anies Kartosuro, Sabtu (25/11/23).

 
Ketua PC IPNU Kabupaten Sukoharjo Sarwanto mengatakan, persoalan pelajar akhir-akhir ini berupa perundungan, kenakalan, hingga masalah narkoba menjadi persoalan serius yang harus segera dicari solusinya.


"Kami berharap, melalui seminar ini kenakalan remaja bisa berkurang dan peserta bisa mengambil manfaat dari para narasumber," ujarnya.


Disampaikan, meski butuh waktu, setidaknya IPNU-IPPNU sudah memulai menyadarkan para pelajar untuk tidak melakukan yang sama karena dampaknya khususnya secara mental sangat berbahaya.


“Tolong habis ini, kita kroscek kembali setelah mendengar pemateri agar pelaku bullying berkurang,” ucapnya.


Terkait dengan pelaksanaan konfercab IPNU-IPPNU, dirinya berpesan, siapapun yang terpilih menjadi ketua itu adalah mandat yang dilaksanakan dengan tetap membangun komunikasi dengan para seniornya.


"Semoga IPNU-IPPNU Sukoharjo terus maju dan berkembang bersama para seniornya yakni Muslimat, Fatayat, dan Ansor," pintanya.


Sekretaris Lembaga Konseling Pelajar Putri (LKPP) Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PP IPPNU ) Ilma Wulansari menerangkan tentang bullying mulai dari dasarnya hingga dampak yang ditimbulkan atas perilaku bullying.


“Bullying ini adalah perilaku yang merugikan psikologis. Tidak ada satu spesifik, sudah direncanakan. Bahkan dari bullying korbannya sampai ada yang melakukan bunuh diri,” terangnya.


Ketua Panitia Seminar dan Konfercab IPNU-IPPNU Sukoharjo Ardian Rahmat kepada NU Online Jateng, Rabu (29/11/2023) menjelaskan, kegiatan seminar dibarengkan dengan konfercab dalam rangka memberi pesan bahwa konsolidasi untuk penguatan organisasi harus tetap dilakukan dengan tidak abai atas perilaku remaja.


“Saya mengucapkan terima kasih banyak atas bimbingan dan bantuan para pihak, sehingga acara seminar dan konfercab bisa dilaksanakan dengan baik. Kepada para tokoh NU untuk selalu mendukung dalam kesuksesan atas acara apapun," pungasnya.


Kontributor: Arinto Dwi


Dinamika Terbaru