• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 9 Desember 2022

Taushiyah

Ketika Abu Bakar Digigit Ular di Gua Tsur

Ketika Abu Bakar Digigit Ular di Gua Tsur
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Karena kecintaannya kepada Rasulullah saw, Abu Bakar buru-buru menaruh kakinya untuk menutup lubang yang berada di Gua Tsur dengan harapan agar Rasulullah saw tidak digigit ular. Abu Bakar sangat yakin bahwa lubang yang berada di sela bebatuan itu dihuni oleh ular berbisa.

   
Sungguh, persangkaan Abu Bakar benar-benar nyata adanya, kakinya yang menutupi lubang di antara sela bebatuan itu digigit oleh ular yang bersarang di dalamnya.

   
Ketika Rasulullah saw bertanya kepada ular berbisa "mengapa menggigit kaki Abu Bakar?", dengan izin Allah ular itu berkata "kaki itu telah menutupi mataku untuk memandang wajahmu, sedangkan aku telah lama menunggu untuk bisa memandang wajahmu. Saya tahu,  siapa saja yang memandangmu dengan penuh kecintaan kelak akan bersamamu di surga.


Hadits nabi:


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ أَعْرَابِيًّا قَالَ لِرَسُولِ اللهِ ﷺ مَتَى السَّاعَةُ قَالَ لَهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ مَا أَعْدَدْتَ لَهَا؟ قَالَ حُبَّ اللهِ وَرَسُولِهِ. قَالَ: أَنْتَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ


Artinya:
Dari Anas ibn Malik ra, Ada seorang Arab dari pegunungan bertanya kepada Rasulullah saw: “Kapan kiamat itu?” Rasulullah saw balik bertanya: “Apa yang sudah kamu siapkan untuknya?” Ia menjawab: “Cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.” lalu Rasulullah bersabda: Sungguh kamu akan bersama orang yang kamu cintai. (Shahih Muslim)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru