• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Taushiyah

Gua Tsur Saksi Perjuangan Rasulullah

Gua Tsur Saksi Perjuangan Rasulullah
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Ketika Rasulullah saw mendapatkan perintah untuk hijrah ke Madinah, Rasulullah lalu mempersiapkan keberangkatannya dengan didampingi Abu Bakar Ra.

   
Madinah adalah kota yang terletak di sebelah utara Kota Makkah kurang lebih empat ratus kilometer jarak tempuh. Ketika itu tentu jalannya tidak semulus sekarang, bukit kecil dan tebing serta hamparan bebatuan harus ditaklukkan dan dilalui, begitupun perjalanan harus memakan waktu berhari-hari.

   
Meski arah Madinah dari Makkah ke utara, tapi Rasulullah saw bersama Abu Bakar mengambil jalan ke arah selatan guna mengelabuhi orang-orang Kafir Makkah yang telah membuat sayembara. "Siapapun yang bisa menyerahkan Rasulullah dalam keadaan hidup atau mati akan diganjar dengan seratus ekor onta".

   
Dalam perjalanannya, Rasulullah saw dan Abu Bakar singgah di Gua Tsur yang lebar dan panjangnya masing-masing 3,5 meter dengan tinggi 1.5 meter. Kondisi itu secara kasat mata akan mudah terdeteksi keberadaan orang yang berada di dalamnya, namun Allah menjaga dan menyelamatkannya meski ketika itu suasananya genting dan orang-orang Kafir sudah berada di sekitar Gua Tsur.

   
Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surat At-Taubah Ayat 40  


اِلَّا تَـنۡصُرُوۡهُ فَقَدۡ نَصَرَهُ اللّٰهُ اِذۡ اَخۡرَجَهُ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا ثَانِىَ اثۡنَيۡنِ اِذۡ هُمَا فِى الۡغَارِ اِذۡ يَقُوۡلُ لِصَاحِبِهٖ لَا تَحۡزَنۡ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَا‌ ۚ فَاَنۡزَلَ اللّٰهُ سَكِيۡنَـتَهٗ عَلَيۡهِ وَاَ يَّدَهٗ بِجُنُوۡدٍ لَّمۡ تَرَوۡهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوا السُّفۡلٰى‌ ؕ وَكَلِمَةُ اللّٰهِ هِىَ الۡعُلۡيَا ؕ وَاللّٰهُ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ


Artinya:
Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua. Ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, "Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita." Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. (QS At-Taubah : 40)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru