• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Taushiyah

Doa untuk Temanmu Berbalik Kepadamu

Doa untuk Temanmu Berbalik Kepadamu
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Doamu untuk temanmu yang tidak diketahui olehnya sangat bermanfaat baginya dan bagimu. Mengapa doamu itu baik untuknya?, karena doamu akan diamini oleh malaikat. 


Lalu mengapa doa itu baik untukmu? karena doa yang engkau panjatkan untuk orang lain yang tidak tahu kalau dirinya sedang engkau doakan, maka doa itu akan berbalik kepadamu.

   
Artinya, ketika temanmu yang tidak berada di hadapanmu lalu engkau doakan dengan doa yang baik, maka malaikat yang berada di sekitarmu mengamini doamu dan mendoakanmu sebagaimana doa yang engkau mohonkan.


Hadits nabi: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,


دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ


Artinya :
Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata aamiin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi. (HR Muslim)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri


Taushiyah Terbaru