• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Taushiyah

Kalau Tidak Bisa Balas kebaikannya, Doakanlah

Kalau Tidak Bisa Balas kebaikannya, Doakanlah
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Ada orang yang merasa tidak enak ketika menerima pemberian sesuatu dari saudara, kerabat atau teman sejawat lantaran tidak bisa membalas pemberiannya, apalagi kalau pemberian itu sering ia terima.

   
Siapa orangnya yang tidak ingin membalas kebaikan orang lain?, siapa orangnya yang tidak ingin berbagi kepada sesama?, Tapi keterbatasan sering menghalangi seseorang untuk melakukan hal yang sama terhadap orang yang telah berbuat baik kepadanya.

   
Rasulullah saw mengajarkan, apabila engkau tidak bisa membalas pemberian orang lain kepadamu, atau tidak bisa membalas kebaikan orang yang telah sampai kepadamu, doakanlah orang itu sehingga engkau merasa telah berterimakasih kepadanya.

Hadits nabi: Rasulullah bersabda,


مَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ، فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ


Artinya :
Barangsiapa yang telah berbuat suatu kebaikan padamu, maka balaslah dengan yang serupa. Jika engkau tidak bisa membalasnya dengan yang serupa maka doakanlah ia hingga engkau mengira doamu tersebut sudah bisa membalas dengan serupa atas kebaikannya. (HR Abu Daud)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru