• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Regional

Terima Ijazah Kubro, Ribuan Pendekar Pagar Nusa Diimbau Berikan Keteduhan di Masyarakat 

Terima Ijazah Kubro, Ribuan Pendekar Pagar Nusa Diimbau Berikan Keteduhan di Masyarakat 
Kegiatan ijazah kubro Pagar Nusa Kebumen (Foto: NU Online Jateng/Syarif Hidayat)
Kegiatan ijazah kubro Pagar Nusa Kebumen (Foto: NU Online Jateng/Syarif Hidayat)

Kebumen, NU Online Jateng
Ribuan pendekar Pagar Nusa Kebumen mendapat ijazah kubro pada momentum Harlah ke-38 Pagar Nusa di GOR Desa Redisari, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Ijazah kubro diberikan Guru Besar Gus Badrul Huda Zainal Abidin Syarif dan Gus Muhtadi Makmun pada Ahad (28/1/2024).


Ketua PC Pagar Nusa kebumen Gus Asyhary Muhammad Al-Hasani atau yang lebih akrab disapa Gus Hary mengatakan, acara ijazah kubro sangat spesial lantaran dihadiri guru besar dan dewan khos Pagar Nusa Pusat yang juga Pengasuh Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.


"Acara ini menjadi istimewa dengan hadirnya Mbah Abdul Latif, murid sang legenda sekaligus pendiri Pagar Nusa NU, KH Abdulloh Maksum Jauhari atau yang lebih dikenal dengan nama Gus Maksum," terangnya. 


Kepada para pendekar Pagar Nusa Kebumen Gus Hary berpesan, ijazah langsung yang diberikan pada kesempatan tersebut dapat menjadi spirit tersendiri dalam rangka membentuk kepribadian yang taat dalam beribadah, berbakti kepada guru, orang tua serta menjadi generasi bangsa yang bermartabat.


"Setelah mendapatkan ijazah dari Gus Bidin ini diharapkan para pendekar dapat lebih bermartabat melalui kepribadian yang taat dalam beribadah, serta berbakti kepada orang tua dan guru," harapnya. 
 


Gus Muhtadi mewanti-wanti agar para pendekar Pagar Nusa di Kebumen selalu mengedepankan akhlak dan senantiasa memberikan keteduhan di tengah masyarakat. "Pesan saya, para pendekar Pagar Nusa Kebumen bisa memberikan kesejukan ditengah masyarakat. Ke depankan adab dan akhlak, serta taat pada hukum yang ada,’’ pesannya. 


Acara yang digelar sekaligus dalam rangka Harlah ke-101 NU dihadiri oleh Ketua Pagar Nusa Kebumen Gus Asyhary Muhammad Al-Hasani, jajaran MWC NU Rowokele, Forkopimcam Rowokele serta PAC Muslimat dan Fatayat NU Rowokele.


Kontributor: Syarif Hidayat


Regional Terbaru