• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 28 Februari 2024

Regional

Silatnas Ulama Jatman Digelar di Gedung Aswaja Pekalongan

Silatnas Ulama Jatman Digelar di Gedung Aswaja Pekalongan
Gedung Aswaja Kota Pekalongan tempat Silatnas Jatman tahun 2023 (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Gedung Aswaja Kota Pekalongan tempat Silatnas Jatman tahun 2023 (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) bakal menggelar Silaturahim Nasional (Silatnas) ulama, TNI, dan Polri di Gedung Aswaja Jalan Sriwijaya 2 pada Sabtu (21/10/2023) mendatang.


Koordinator Silatnas KH Masyhudi mengatakan, dirinya telah melakukan rapat koordinasi dengan seksi akomodasi penginapan peserta khusus para mursyid thariqah untuk sekaligus pengecekan rumah penginapan para kiai selama di Pekalongan.


"Ada 300 rumah warga yang siap ditempati oleh para tamu khusus yang datang dari berbagai wilayah se-Indonesia. Tidak hanya rumah, para pemiliknya juga telah menyediakan kendaraan, BBM, hingga sopir yang siap memberikan pelayanan terbaiknya selama berada di Pekalongan," ujarnya.


Disampaikan, dari 2 ribu undangan yang bakal hadir, sekitar 1.500 peserta merupakan para mursyidin dan muqaddam sudah mulai hadir sejak Jumat (20/10/2023) hingga puncak acara 'Maulid Akbar' di Kanzus Sholawat, Jalan dr Wahidin, Kota Pekalongan.


"Para tamu khusus ini akan mengikuti beberapa rangkaian peringatan maulidurrasul yang dihelat Khadimul Maulid Habib Muhammad Luthfy bin Yahya," terangnya.


Disampaikan, pada hari Jumat di Kota Pekalongan para mursyidin melakukan registrasi di Kanzus Sholawat. Selanjutnya pada Sabtu mengikuti Silatnas di Gedung Aswaja bersama TNI dan Polri.


"Pada acara puncaknya Ahad (22/10/2023) para tamu khusus mengikuti agenda peringatan 'Maulid Akbar' di Kanzus Sholawat," ucapnya.


Dijelaskan, Silatnas bertema bela negara bakal menghadirkan narasumber Direktur Pencegahan BNPT Prof Irfan Idris berbicara tentang mensinergikan langkah pencegahan radikalisme dan terorisme guna merawat Indonesia dan Kasubdit Lindik Ditpelneg Ditjen Poltan kemenhan Kolonel Marinir Rackmat Djunaidy membahas tentang menyatukan langkah dalam bela negara guna merawat Indonesia jaya.


Sementara itu, persiapan perhelatan Maulidurrasul 1445 Hijriah di Kanzus Sholawat Pekalongan mendekati hari pelaksanaan yang dilakukan oleh seluruh seksi menyatakan siap digelar.


Ketua 1 H Jawad Sri Sumardi menjelaskan, rangkaian acara maulid dimulai dengan nikah maulid, dilanjutkan kirab merah putih, apel merah putih, silatnas ulama, pawai pajang jimat dan puncaknya peringatan Maulidurrasul.


"Alhamdulillah pada gelaran rapat pleno Rabu (18/10/2023) di Kanzus Sholawat seluruh panitia menyatakan kesiapannya menggelar acara," ungkapnya.


Dikatakan, ada juga beberapa kegiatan penunjang yakni khatmil qur'an, pembacaan ratibul kubra, dalailul khairat, dan pentas samer bersama El-Balasyik menjadi acara penunjang yang siap digelar.


"Tahun ini acara khataman Al-Qur'an ditargetkan bisa mengkhatamkan 1.000 kali di Maqbarah Habib Hasyim bin Yahya komplek pemakaman Sapuro Pekalongan," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru