• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Nasional

Gelar Silatnas Ulama, TNI, dan Polri, Jatman Hadirkan Ketua Umum PBNU

Gelar Silatnas Ulama, TNI, dan Polri, Jatman Hadirkan Ketua Umum PBNU
Sekjen Idarah Aliyah Jatman KH Masyhudi (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Sekjen Idarah Aliyah Jatman KH Masyhudi (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Idarah Aliyah Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) bakal menggelar Silaturahim Nasional (Silatnas) Ulama, TNI, dan Polri di Kota Pekalongan dengan menghadirkan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf.


Sekretaris Jenderal (Sekjen) Jatman KH Masyhudi mengatakan, kegiatan silatnas merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Maulidurrasul yang dihelat Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.


"Rencananya Silatnas digelar Sabtu (29/20/2022) di Gedung Juned Kota Pekalongan dengan menghadirkan Ketua Umum PBNU Gus Yahya dan Panglima TNI Andika Perkasa," ujarnya.


Disampaikan, Silatnas selain menghadirkan ulama thariqah yang tergabung dalam Jatman, juga delegasi dari TNI dan Polri untuk menjalin komunikasi dan keakraban sesama pilar bangsa untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Sebagai penjaga pilar bangsa, Habib Luthfi mengajarkan kepada kita bahwa para ulama thariqah, TNI, dan Polri adalah saudara yang sangat dekat dan selalu dipertemukan dalam even tahunan bersamaan dengan agenda 'Maulid Akbar' di Kota Pekalongan," terang Kiai Masyhudi yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jepara itu.


Wakil Ketua Panitia Maulid di Kanzus Shalawat Kota Pekalongan H Bambang Irianto menjelaskan, hajatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kanzus Shalawat diisi berbagai rangkaian kegiatan.


"Yakni Nikah Maulid, Kirab Merah Putih, Silatnas Ulama, TNI, dan Polri, Apel Merah Putih, Pawai Pajang Jimat, dan lain-lain," ucapnya dalam Rapat Pleno 3 di Kanzus Shalawat Kota Pekalongan, Senin (26/9/2022) malam.


Agenda kegiatan penunjang merupakan satu paket dengan acara peringatan maulid yang selalu digelar secara rutin oleh Khadimul Maulid Habib Luthfi bin Yahya. Dirinya berharap seluruh agenda kegiatan bisa berjalan lancar dan sukses.


"Mohon doa restunya seluruh rangkaian kegiatan dan acara puncak peringatan Maullidurrasul bisa berjalan lancar tanpa halangan," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Nasional Terbaru