• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Regional

MAULID NABI 1444 H

Safari Maulid Nabi, Ansor Banyudono Boyolali: Untuk Silaturahim dan Konsollidasi

Safari Maulid Nabi, Ansor Banyudono Boyolali: Untuk Silaturahim dan Konsollidasi
Kegiatan safari maulid PAC Ansor Banyudono Boyolali (Foto: NU Online Jateng/Ajie Najmuddin)
Kegiatan safari maulid PAC Ansor Banyudono Boyolali (Foto: NU Online Jateng/Ajie Najmuddin)

Boyolali, NU Online Jateng
Banyak cara menyambut kelahiran Rasulullah Muhammad SAW di tahun 1444 Hijriah. Di Boyolali misalnya, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatana Banyudono, Kabupaten Boyolali melakukan safari maulid ke ranting-ranting Ansor.


Penasihat GP Ansor Banyudono Syamsudin mengatakan, kegiatan Safari Maulid Nabi Muhammad Saw yang dihelat Ansor Banyudono di Masjid Ciptomulyo merupakan putaran yang ke-9. Sebelumnya, di awal bulan Rabiul Awwal pihaknya telah berkeliling dari desa ke desa untuk mengajak masyarakat Banyudono bershalawat.


"Khususunya di Masjid Ciptomulyo yang bersejarah ini semoga dapat terjalin kegiatan NU maupun Ansor di lain kesempatan," ungkapnya.


Ketua PAC GP Ansor Banyudono Hanif Mohan kepada NU Online Jateng, Selasa (4/10/2022)  menerangkan, selama 12 hari di awal bulan Rabiul Awal, pihaknya mengadakan acara safari maulid setiap malam secara bergiliran dari ranting ke ranting.


"Alhamdulillah, kegiatan ini sudah menjadi acara rutin, setiap tahunnya di bulan Maulid, meski ganti kepengurusan tradisi safari maulid bisa dilaksanakan, semoga bisa istiqamah," ujar Mohan.





Menurutnya, safari maulid selain memperingati hari kelahiran Rasulullah, juga dimanfaatkan untuk konsolidasi dan silaturahim dengan para sesepuh dan tokoh NU setempat. Hal ini membawa dampak yang sangat luar biasa. Ada semangat berkhidmah, kekompakan, dan kebersamaan," terangnya.


Takmir Masjid Ciptomulyo Yudha Prangkasa turut mengapresiasi atas gelaran safari Maulid Nabi ini. "Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. Semoga tahun depan dapat berjalan kembali," harapnya.


Diketahui, Masjid Ciptomulyo Pengging merupakan salah satu masjid tua di Boyolali yang dibangun di masa awal Keraton Surakarta. Masjid Ciptomulyo kemudian direnovasi di masa Pakubuwono X, pada tahun 1905.


Di sebelah Barat masjid terdapat kompleks makam yang di antaranya dimakamkan para pujangga terkenal Keraton Surakarta, Yasadipura I dan II.


Penulis: Ajie Najmuddin


Regional Terbaru