• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Nasional

MAULID NABI 1444 H

Habib Luthfi Gelar Peringatan Maulidurrasul, Ini Rangkaian Acaranya

Habib Luthfi Gelar Peringatan Maulidurrasul, Ini Rangkaian Acaranya
Khadimul Maulid Habib Muhammad Lthfi bin Yahya (Foto: Dok NU Online Jateng)
Khadimul Maulid Habib Muhammad Lthfi bin Yahya (Foto: Dok NU Online Jateng)

Pekalongan, NU Online Jateng
Rais Aam Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya bakal menggelar acara 'Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H' di Kanzus Sholawat Kota Pekalongan, Ahad (30/10/2022).


"Pengumuman untuk kegiatan maulid akbar Kanzus Sholawat, Insyaallah akan dilaksanakan pada hari Ahad jatuh pada tanggal 30 Oktober nanti. Mengenai rangkaian acara nanti diumumkan lebih lanjut," terang Habib Luthfi


Hal itu diumumkan secara langsung oleh Maulana Habib Luthfi bin Yahya yang juga Rais Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) pada Pengajian rutin Jumat Kliwonan di Kanzus Sholawat, Kota Pekalongan, Jumat (16/09/22). 


Wakil Ketua Panitia Maulid H Jawad Sri Sumardi mengatakan, menidaklanjuti rencana kegiatan yang akan berlangsung akhir Oktober nanti, seluruh panitia sudah melakukan koordinasi untuk berbagai persiapan.


"Acara puncaknya berupa pembacaan maulid simtud duror akan berlangsung tanggal 30 Oktober, akan tetapi ada beberapa rangkaian kegiatan yang menyertainya sebagaimana pada kegiatan peringatan maulid di Kanzus Sholawat pada tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.


Disampaikan, hingga rapat pleno ketiga seluruh rangkaian kegiatan dinyatakan siap dilaksanakan. Akan tetapi riil kegiatannya masih akan terus dikoordinasikan oleh masing-masing seksi dengan pihak-pihak terkait.


"Semoga seluruh rangkaian acara 'Peringatan Maullidrrasul 1444 H' berjalan lancar dan sukses," ucapnya.


Disebutkan, rangkaian peringatan maulid diawali dengan nikah maulid, kirab merah putih, apel murah putih, silatnas ulama, TNI/Polri, pawai pajang jimat, khatmil qur'an, pembacaan ratibul kubra, pentas musik Gambus El-Balasyik, dan puncaknya pembacaan maulid simtud duror.





Koordinator Silaturahim Nasional (Silatnas) Ulama, TNI, dan Polri KH Masyhudi kepada NU Online Jateng, Selasa (4/10/2022) menjelaskan, kegiatan Silatnas menjadi agenda tetap pada peringatan maulid yang digelar 1 hari sebelum acara puncak.


"Ada sekitar 5 ribu tamu undangan dari ulama thariqah, TNI, dan Polri akan mengikuti kegiatan Silatnas yang berlangsung di Gedung Juned pada Sabtu (29/10/2022)," terangnya.


Dikatakan, untuk kelancaran kegiatan silatnas dirinya membentuk panitia kecil untuk melakukan berbagai persiapan mulai dari pendaftaran para kiai yang juga mursyid Thariqah Jatman, ta'aruf, hingga pelaksanaan silatnas.


"Alhamdulillah, berbagai persiapan sudah dilakukan termasuk menghubungi beberapa narasumber yang akan mengisi acara silatnas," pungkas Kiai Masyhudi yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Jatman ini.


Penulis: M Ngisom Al-Baroni 


Nasional Terbaru