• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Regional

Rais PWNU Jateng Minta Antar-lembaga NU Bersinergi

Rais PWNU Jateng Minta Antar-lembaga NU Bersinergi
Kegiatan istighotsah dan rapat dengan lembaga NU tingkat Jateng di Semarang (Foto: NU Online Jateng/Insan Al-Huda)
Kegiatan istighotsah dan rapat dengan lembaga NU tingkat Jateng di Semarang (Foto: NU Online Jateng/Insan Al-Huda)

Semarang, NU Online Jateng
Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng KH Ubaidullah Shodaqoh meminta kepada jajaran pengurus NU dan lembaga tingkat wilayah agar tidak ada beban pada masa mendatang maka amanat yang ada harus bisa dilakukan dengan baik. 


"Karena itu tugas-tugas kita sebagai pengurus NU harus dapat dilaksanakan sesuai ketentuan yang ada," ujarnya dalam Istighotsah dan rapat bersama lembaga-lembaga PWNU Jawa Tengah di Kantor Jl Dr Cipto 180 Semarang, Senin (27/11/2023) malam.


Disampaikan, kesepakatan yang dicapai dan telah diputuskan dalam Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) NU Jateng di Kendal bisa dijalankan dengan baik maka setiap lembaga dapat bersinergi. 


"Kita prioritaskan pengembangan pesantren dan satuan pendidikan di lingkungan NU agar dapat lebih memberikan kontribusi positif bagi umat dan bangsa," tegasnya.


Kiai Ubaid yang juga Pengasuh Pesantren Al-Itqon Bugen Kota Semarang itu meminta dalam menghadapi Pemilu 2023 Nahdliyin tidak menimbulkan friksi-friksi di dalam masyarakat agar nanti setelah pemilu bangsa Indonesia tetap kondusif. "Untuk itu NU harus benar-benar hadir dalam masyarakat dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat," ucapnya.


Ketua PWNU Jateng dalam pengantar rapat menyampaikan terima kasih atas kinerja pengurus lembaga-lembaga PWNU yang semakin hari semakin bertambah baik dengan intensitas dan kualitas kegiatan yang dilakukan. 


"Sesuai laporan dari Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) misalnya, perolehan dana kemanusiaan Palestina mencapai Rp4 milyar lebih. Ini artinya kepercayaan masyarakat semakin bertambah baik," ungkapnya.


Begitu juga dengan lembaga lainnya lanjutnya, seperti lembaga bantuan hukum yang memprioritaskan pada upaya non litigasi telah memberikan kesadaran hukum yang lebih baik kepada masyarakat. 


"LP Ma'arif NU juga tidak kenal lelah dalam mendampingi madrasah dan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan NU," terangnya. 


Menurutnya, sesuai tema Muskerwil NU Jateng tanggal 29 Oktober 2023 yakni meneguhkan khidmah memulyakan umat, maka seluruh jajaran kepengurusan NU di Jawa Tengah untuk komitmen menjalankan khidmah dengan sungguh-sungguh guna memulyakan umat sesuai prinsip yang ada pada jamiyah NU.


Rapat koordinasi bersama Lembaga-Lembaga PWNU yang dimoderatori Sekretaris H Hudalloh Ridwan menyepakati jadwal kegiatan yang akan dilakukan selama masa perpanjangan kepengurusan. Sebelum rapat dilakukan doa bersama atau istighotsah yang diimami oleh Katib KH Munib Abdul Muchit dan doa oleh KH Mandzur Labib.


Pengirim: Insan Al-Huda


Regional Terbaru