• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 4 Februari 2023

Regional

Peringati Harlah Ke-94, NU Kota Pekalongan Bakal Gelar Refleksi

Peringati Harlah Ke-94, NU Kota Pekalongan Bakal Gelar Refleksi
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Pekalongan, NU Online Jateng
Untuk pertama kalinya memasuki usia ke 94 tahun, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan bakal menggelar acara refleksi perjalanan NU Kota Pekalongan yang lahir pada tanggal 25 Agustus 1928 atau 2 tahun sebelum Muktamar NU digelar di Kota Batik.


Ketua PCNU Kota Pekalongan H Muhtarom mengatakan, kegiatan refleksi dilaksanakan untuk mengingatkan kembali kepada generasi penerus NU agar paham perjalanan NU Pekalongan yang pada saat kelahirannya masih gabung dengan Kabupaten Pekalongan.


"Secara resmi di Pekalongan didirikan kepengurusan Cabang NU untuk pertama kalinya. Tepatnya pada Sabtu, 9 Rabiul Awal 1347 H/ 25 Agustus 1928 M. Hal ini terungkap dalam pemberitaan di majalah bulanan Swara Nahdlatoel Oelama (SNO)," ujarnya kepada NU Online Jateng, Kamis (25/8/2022).


Dikatakan, peran dan jasa para ulama yang diwakili oleh Haji Ahmad, mereka menyampaikan rasa syukur atas kunjungan para tokoh NU dari Jombang Jawa Timur serta keinginan mereka untuk mendirikan NU Cabang Pekalongan. 
 

"Saat itu, Kiai Abbas dari Madelan terpilih sebagai Rais didampingi oleh Kiai Zuhdi dari Kampung Kergon, Pekalongan sebagai wakilnya. Sedangkan posisi katib dipasrahkan kepada Kiai Ismail dari Kampung Kergon," terangnya. 


Diceritakan, Kiai Maksum Kergon dan Kiai Dahlan Krapyak ditunjuk menjadi a'wan. Sedangkan mustasyar dijabat oleh Kiai Amir dari Banyuurip.  


Baca juga:

Kiai Amir bin Idris, Mustasyar Pertama NU Cabang Pekalongan (Bagian 2)

Kiprah Kiai Zuhdi Kergon, Rintis Madrasah hingga Dirikan NU Cabang Pekalongan (Bagian 3)

Di Bulan Maulud, NU Cabang Pekalongan Didirikan (1)

Banyurip Jadi Wilayah Sentral NU Pekalongan (Bagian 4)


Untuk itulah lanjutnya, mengingatkan kepada generasi penerus NU, di Kota Pekalongan ada  sejarah yang sangat luar biasa, maka PCNU Kota Pekalongan akan menggelar refleksi Harlah ke-94 NU Kota Pekalongan di Halaman SD Islam Nusantara pada Jumat (26/8/2022) malam.


"Acara ini terbuka untuk umum, silahkan yang punya waktu longgar bisa hadir di acara ini," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru