• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 28 Februari 2024

Regional

HARI SANTRI

PCNU Pekalongan: Jihadnya Santri Zaman Sekarang itu Belajar dengan Tekun

PCNU Pekalongan: Jihadnya Santri Zaman Sekarang itu Belajar dengan Tekun
Kick off Hari Santri di Kota Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Kick off Hari Santri di Kota Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Kegiatan Peringatan Hari Santri 2023 tingkat Kota Pekalongan dimulai pada Rabu (18/10/2023) di Auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abduraahman Wahid dengan memnggelar berbagai lomba yang diikuti santri se-Kota Pekalongan.


Ketua PCNU Kota Pekalongan H Muhtarom mengatakan, peringatan Hari Santri tahun 2023 yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Pekalongan diisi dengan beberapa agenda kegiatan yang puncaknya berupa 'Santri Pekalongan Bershalawat' bersama Grup Az-Zahir pimpinan Habib Ali Zainal Abidin Assegaf.


"Ada 9 acara yang telah disiapkan panitia bersama Pemkot Pekalongan untuk semarak Hari Santri tahun 2023," ujarnya.


Disampaikan, santri kiprahnya yang telah diakui oleh negara mengalami perubahan peran dari waktu ke waktu. Jika menjelang dan di awal kemerdekaan santri berjuang dan berjihad dengan memanggul senjata, akan tetapi sekarang jihadnya memerangi kebodohan melalui belajar dengan sungguh-sungguh.


"Belajarnya santri sekarang juga dikategorikan jihad meski medannya berbeda," tegasnya.
 


Oleh karena itu lanjutnya, dengan segala kemudahan yang diberikan pemerintah dirinya berharap para santri terus berproses menjadi manusia yang cerdas karena di tangan santri masa depan bangsa dipertaruhkan.


"Momentum Hari Santri 2023 hendaknya dimanfaatkan dengan baik oleh para santri yang sedang belajar di pesantren di Kota Pekalongan yang menurut data ada 30 pesantren dengan jumlah sekitar 5 ribu santri," ungkapnya.


Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin menyampaikan, kegiatan peringatan Hari Santri 2023 sebagai bentuk penghormatan kepada santri yang telah berjuang pada menjelang maupun setelah merdeka.


"Saat ini tugas pemerintah memfasilitasi penyetaraan jenjang pendidikan agar para santri bisa belajar dengan baik," ucapnya.


Menurutnya, saat ini sudah banyak alumni pesantren mengisi formasi di pemerintahan. Dan itu panggilan negara, agar formasi yang ada para santri bisa berkontribusi untuk negara dan bangsa.


Panitia Peringatan Santri 2023 Ilman Nafi menjelaskan, agenda kegiatan hari santri di Kota Pekalongan diharapkan bisa menjadi semangat para santri yang sedang belajar di pesantren.


"Beberapa kegiatan yang melibatkan banyak santri yakni beberapa lomba, apel hari santri, dan santri pekalongan bersalawat bersama Grup Az-Zahir di lapangan Peturen, Tirto, Pekalongan Barat," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru