• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 23 Mei 2024

Regional

Muslimat NU Jepara: Anak Balita adalah Usia Emas

Muslimat NU Jepara: Anak Balita adalah Usia Emas
Kegiatan upgrading bagi pengurus dan guru di lingkungan Maslimat NU Kota Jepara (Foto: NU Online Jateng/dok)
Kegiatan upgrading bagi pengurus dan guru di lingkungan Maslimat NU Kota Jepara (Foto: NU Online Jateng/dok)

Jepara, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Jepara Kota menggelar acara upgrading atau pembekalan khususnya untuk kelompok guru dan pengurus yang terbentuk dalam Ikatan Pengurus, guru PAUD, dan Ikatan Guru Taman Pendidikan Al-Qur'an di bawah naungan Yayasan Pendidikan Muslimat NU di gedung Muslimat Ranting Saripan Jepara, Kamis (9/5/2024). 


Ketua Yayasan Pendidikan Muslimat NU Jepara Farida Ahmad mengatakan, anak usia 0-6 tahun adalah masa golden age (usia emas) untuk tumbuh kembang baik fisik maupun psikisnya, sehingga tidak boleh dibiarkan begitu saja tetapi harus dikawal perkembangannya melalui pendidikan. 


"Dan di sinilah peran dari lembaga Pendidikan Anak Usia Dini berupa kelompok bermain, PAUD maupun TPQ. Oleh karena itu, guru harus menanamkan pengetahuan sesuai dengan perkembangan usia anak agar bisa menghasilkan generasi emas," ujarnya.


Menurutnya, kegiatan upgrading yang dilaksanakan oleh PAC Muslimat Jepara menjadi sangat penting dengan materi-materi yang telah disiapkan antara lain pentingnya peran lembaga pendidikan di masyarakat serta pemaparan tentang tugas pokok dan fungsi dari pengurus lembaga.


"Atas inisiasi kegiatan upgrading saya menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang sudah berinisiatif mengadakan acara yang sangat penting ini," ucapnya.
 


Koordinator Bidang Pendidikan PAC Muslimat NU Jepara Hj Ashfiyah dalam siaran pers yang diterima redaksi NU Online Jateng, Senin (13/5/2024) menjelaskan pentingnya peran pengurus lembaga yang tergabung dalam IP PAUD-TPQ. 


"Kami berharap dengan optimalnya peran IP PAUD-TPQ otomatis proses pendampingan terhadap kelangsungan lembaga pendidikan akan berjalan lancar untuk mendukung kegiatan belajar mengajar anak PAUD dan TPQ," terangnya. 


Dikatakan, honor guru PAUD maupun TPQ diakui saat ini masih di bawah standar sehingga perlu dipikirkan bersama oleh pengurus lembaga. "ini adalah tanggung jawab kita bersama segenap pengurusi tersedianya sarana prasarana dan honor guru," ungkapnya.


Acara upgrading biasanya terselenggara rutinan per triwulan tetapi untuk kali ini ditambah peserta dari pengurus baru harapannya mereka akan mengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Pendidikan Al-Qur'an supaya bisa menguatkan lembaga-lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.  


Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PAC Muslimat NU Dwiana Puspita, Farida Ahmad dan Asmiah narasumber dari Yayasan Pendidikan Muslimat NU Cabang Jepara, Ketua ranting se-Kecamatan Jepara, pengurus baru yang tergabung dalam IP PAUD TPQ dan IG PAUD TPQ, serta perwakilan dari kepala dan guru perwakilan dari lembaga PAUD dan TPQ se-Kecamatan Jepara. (*)
 


Regional Terbaru