• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Regional

Kembangkan Ekonomi Mandiri, Ansor Mesoyi Pekalongan Jual Berbagai Produk

Kembangkan Ekonomi Mandiri, Ansor Mesoyi Pekalongan Jual Berbagai Produk
Usaha Ansor Mesoyi, Talun, Kabupaten Pekalongan 'Kopi Anmes' (Foto: NU Online Jateng/Khairul Anwar)
Usaha Ansor Mesoyi, Talun, Kabupaten Pekalongan 'Kopi Anmes' (Foto: NU Online Jateng/Khairul Anwar)

Pekalongan, NU Online Jateng
Ikhtiar dalam membangun dan mengembangkan organisasi yang kuat secara ekonomi terus dilakukan oleh Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Mesoyi, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. 


Ketua PR GP Ansor Mesoyi A Muktafa mengatakan, selama dua tahun terakhir Ansor Mesoyi terus bergerak aktif dalam pengembangan ekonomi mandiri dengan menjual berbagai produk seperti Kopi Anmes (Ansor Mesoyi), Ayam Geprek ‘Sahabat’, dan Merchandise Ansor. 


“Alhamdulilah, pada periode ini GP Ansor Desa Mesoyi dapat melakukan kegiatan ekonomi. Khusus untuk produk Kopi terdapat beragam jenis seperti Robusta, Arabika, Blend, dan Bestak Bariti,” terangnya kepada NU Online Jateng, Ahad (26/6/2022).


Melalui pemberdayaan ekonomi organisasi, dirinya berharap semoga dapat membuat organisasi menjadi mandiri dan maju, serta dapat memberdayakan anggota dan masyarakat. 


“Tentunya kami selalu berikhtiar untuk memajukan Ansor Mesoyi. Selain merealisasikan program kerja yang berkaitan dengan keagamaan, kami juga perlu untuk mempraktikkan pemberdayaan ekonomi mandiri ini,” tambahnya.


Sekretaris GP Ansor Mesoyi Rotib Muntaqo menjelaskan, Kopi Anmes menjadi usaha yang lebih dulu diresmikan yakni pada tanggal 25 Desember 2020. “Setelah Kopi, kami selanjutnya merambah ke penjualan ayam geprek ‘sahabat’ yang diluncurkan 20 maret 2021. Dan setelah itu kita menjual berbagai merchandise seperti kalender dan lain sebagainya,” jelasnya.


Diterangkan, untuk produk kopi sistem penjualannya dititipkan di semua rumah kader Ansor serta beberapa warung yang telah ditunjuk. Sedangkan untuk ayam geprek dikelola kader Ansor sendiri dan petugas penjaga juga ada dari beberapa kader Fatayat NU. 


“Sementara untuk manajemen pengelolaan Anmes (Ansor Mesoyi) store yang meliputi produk-produk seperti kopi, ayam, dan merchandise dikelola oleh tim Ansor bidang ekonomi,” pungkasnya.


Bisnis Ansor Mesoyi buka setiap hari pukul 09.00-17.00 bertempat di Ansor Bisnis Center Dukuh Kroyakan Desa Mesoyi, Kecamatan Talun. 


Kontributor: Khairul Anwar


Regional Terbaru