• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 18 Mei 2022

Regional

Katib PCNU Kudus Ajak Santri Berdayakan Ekonomi 

Katib PCNU Kudus Ajak Santri Berdayakan Ekonomi 
Hala bihalal Iksab TBS Kudus (Foto: NU Online Jateng/Alvin)
Hala bihalal Iksab TBS Kudus (Foto: NU Online Jateng/Alvin)

Kudus, NU Online Jateng
Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten kudus KH Amin Yasin dalam mengajak para santri untuk melakukan suatu amalan secara maksimal. Hal ini penting dilakukan, agar apa yang menjadi keinginannya bisa tercapai.


“Jika melakukan suatu amalan, maka lakukanlah secara maksimal, jangan sampai melakukan sebuah amalan atau pekerjaan secara setengah-setengah. Karena Allah SWT sangat senang dengan seseorang yang melakukan suatu amalan secara maksimal," ujarnya.


Hal itu disampaikan pada acara Halal Bihalal Ikatan Siswa Abiturien (Iksab) Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) Kudus Angkatan 2019 sekaligus ajang silaturrahim antarsesama alumni yang diadakan di Halaman Gedung Timur MA TBS Kudus, Senin (9/5).


Disampaikan, seperti halnya jika sudah memulai untuk menghafalkan Al-Qur'an maka selesaikanlah hafalan tersebut sampai khatam, jika bekerja maka tekunilah suatu pekerjaan tersebut jangan mudah berpindah ke pekerjaan lainnya,” jelasnya.


Kiai Amin juga menyampaikan akan pentingnya memperbanyak ilmu syari'at/ilmu fiqih. Dirinya juga berpesan jika mengadakan suatu perkumpulan apapun itu jangan lupa untuk menyisipkan penyampaian ilmu fiqh walaupun sedikit.


“Karena Rasulullah menyukai akan majelis yang di dalamnya ada pembahasan ilmu fiqih. Sebab di antara tujuan utama diutusnya Nabi Muhammad adalah untuk menyampaikan ilmu syari'at seperti yang telah dijelaskan oleh Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 151,” terangnya.


Terakhir Kiai Amin berpesan kepada segenap santri Iksab TBS 2019 untuk memberdayakan ekonomi sesama teman sendiri. 


“Memberdayakan ekonomi sesama teman sendiri dengan berbagai cara sesuai bidangnya masing-masing, seperti contoh kecilnya jika mau membeli pakaian baru untuk hari raya maka carilah teman sendiri yang menjual. Jika mau membangun rumah maka carilah toko bangunan dan arsitek dari teman sendiri. Karena beberapa tahun ke depan Iksab TBS akan banyak mewarnai semua bidang pekerjaan,” pungkasnya.


Halal Bi Halal Iksab TBS 2019 ini dibuka dengan pembacaan maulid Nabi Muhammad SAW serta kasidah shalawat yang dibawakan oleh grup rebana Madrasah TBS yakni Es-Salafy. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala MA TBS Kiai Syafi’i, KH Su’udi Hasyim, dan KH Amin Yasin. 


Pengirim: Muhammad Alvin Jauhari


Regional Terbaru