• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Nasional

R20 ISORA Resmi Dibuka, Presiden RI: Harus Ada Perdamaian untuk Palestina

R20 ISORA Resmi Dibuka, Presiden RI: Harus Ada Perdamaian untuk Palestina
Kegiatan pembukaan R20 ISORA di Jakarta (Foto: NU Online)
Kegiatan pembukaan R20 ISORA di Jakarta (Foto: NU Online)

Jakarta, NU Online Jateng
Presiden Republik Indonesia (RI) H Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada para pemimpin agama lintas bangsa dari berbagai penjuru dunia yang telah hadir dan aktif mengambil peran bersama Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia. 


Menurut Presiden Jokowi, di dunia yang modern ini peperangan dan pembantaian yang merenggut perempuan dan anak-anak yang terjadi terhadap rakyat Palestina adalah sesuatu yang sungguh di luar nalar.  


"Tindak kekerasan yang terjadi di Palestina tidak bisa ditolerir sedikit pun. Oleh karena itu, bantuan kemanusiaan harus segera didistribusikan dan rundingan perdamaian harus segera dilaksanakan," kata Presiden Jokowi saat membuka R20 ISORA (International Summit Of Religious Authorities) yang diselenggarakan di Hotel Park Hyatt, Jakarta Pusat pada Senin (27/11/2023).


Presiden Jokowi menyampaikan, bangsa Indonesia memegang teguh prinsip bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945. 


"Dengan dilandasi hal tersebut, saya sangat mengapresiasi diselenggarakannya R20 ISORA dan berharap forum ini bisa menjadi langkah konkret dalam menjembatani segala perbedaan yang ada dunia untuk terciptanya perdamaian," katanya dilansir dari laman nu.or.id. 


Presiden Jokowi yang membuka acara ditandai dengan pemukulan bedug bersama para undangan dan delegasi pemimpin agama dunia. Kegiatan ini mengangkat tema 'Peran Agama dalam Mengatasi Kekerasan di Timur Tengah dan Ancaman terhadap Tatanan Internasional Berbasis Aturan'. 


Dalam forum tersebut, para pemimpin agama akan mempresentasikan tanggapan mereka terkait solusi yang bisa diberikan melalui jalur agama atas permasalahan kemanusiaan yang terjadi di berbagai negara, terutama di Palestina. 


R20 ISORA terbagi menjadi 5 sesi acara, yaitu; Sesi 1 (Pembukaan Pleno), Sesi 2 (Pleno Kedua), Sesi 3 (Pleno Ketiga), Sesi 4 (Kesimpulan Seluruh Pleno), dan Sesi 5 (ramah tamah dan makan malam). 


ISORA menghadirkan empat narasumber kunci, yakni (1) Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, (2) Grand Syekh Al-Azhar Syekh Ahmad al-Thayyeb, (3) Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) Syekh Mohammed bin Abdul Karim al-Issa, dan (4) Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gueterres (dalam konfirmasi).


R20 ISORA ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas. Hadir pula 40 tokoh agama dunia. (*)


Nasional Terbaru