• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Nasional

SATU ABAD NU

Peringati 1 Abad, NU Jateng Gelar Istighotsah di Demak

Peringati 1 Abad, NU Jateng Gelar Istighotsah di Demak
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Semarang, NU Online Jateng 
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah akan menggelar istighotsah dan apel akbar dalam rangka menyongsong datangnya era 100 tahun kedua Nahdlatul Ulama (NU) pada saat memasuki tahun 1444 Hijriah atau peringatan satu abad NU.
 

Ketua PWNU Jateng KH Muhammad Muzamil mengatakan, ada sejumlah agenda yang disiapkan PWNU Jateng dalam rangka peringatan 1 Abad NU, di antaranya  peringatan tahun baru 1444 Hijriah tanggal 1 Muharram 1444 sekaligus menyongsong usia seabad Jamiyah NU yang jatuh pada tanggal 16 Rajab 1444 H mendatang berdasarkan catatan sejarah NU lahir pada tanggal 16 Rajab 1344 H.


"Agenda istighotsah akan mengawali rangkaian kegiatan peringatan seabad NU, atau momentum NU memasuki era 100 tahun kedua yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada  Sabtu, 1 Muharram 1444 H bertepatan dengan 30 Juli 2022 yang akan datang," kata Kiai Muzamil.


Kiai Muzamil mengatakan hal itu dalam rapat koordinasi PWNU Jateng dengan PCNU Kabupaten Demak membahas agenda persiapan istighotsah memperingati se-abad NU di Sekretariat PWNU Jateng, Jl Dr Cipto 180 Semarang, Senin (18/7).


Dikatakan, istighotsah akan diselenggarakan di Masjid Agung Demak, Sabtu (30/7) dimulai setelah shalat Subuh hingga pukul 10.00. Kegiatan akan diikuti seluruh personil PWNU Jateng bersama badan otonom (banom) dan lembaga serta PCNU (rais, katib, ketua, dan sekretaris) se-Jateng bersama banom tingkat cabang (lima orang/banom).


"Khusus PCNU Demak dipersilahkan mengerahkan seluruh MWC dan ranting NU (rais,katib, ketua, dan sekretaris) bersama badan otonom yang ada dengan komposisi 5 orang tiap banom tingkat MWC dan ranting," terangnya.



PWNU Jateng bersama PCNU Demak persiapan istighotsah di Masjid Agung Demak (Foto: Samsul Huda)



Kiai Muzamil menambahkan, agenda istighotsah akan diawali dengan maulid dziba, pembacaan istighotsah, dan doa oleh 17 orang kiai sepuh di Jateng. Sedangkan agenda apel akbar akan dilaksanakan pada tanggal 16 rajab 1444 menandai puncak acara tasyakuran peringatan seabad NU, lokasi apel masih tentatif.


Ketua PCNU Demak KH Aminuddin Mas'udi mengatakan, pada prinsipnya PCNU dan nahdliyin di Demak siap menjalankan amanat dari PWNU Jateng jika ditugasi untuk menyiapkan acara istighotsah, jika ditugasi menyiapkan acara apel akbarpun juga siap.


Dikatakan, untuk menyiapkan agenda istighotsah yang tinggal hitungan hari, PCNU Demak  akan segera berkoordinasi dengan dengan banom dan lembaga serta seluruh MWCNU untuk mensukseskan kegiatan ini. 


"Karena acara dimulai setelah shalat subuh, maka akan disiapkan fasilitas transit bagi peserta istighotsah dari luar kota yang kemungkinan besar akan tiba di Demak pada hari Jumat petang atau malam," ucapnya.


Dijelaskan, lokasi transit akan disiapkan di mess Masjid Agung Demak, Kantor PCNU, MTs-MANU, dan sejumlah pesantren yang berlokasi di sekitar Masjid Agung Demak. 


"Kami akan kerahkan seluruh potensi nahdliyin di Demak untuk menghormati dan melayani  para Masyayikh dan jama'ah istighotsah dari cabang-cabang NU se-Jateng," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru