• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Nasional

PBNU Bakal Gelar Seminar Literasi Wakaf di Gedung Aswaja Kota Pekalongan

PBNU Bakal Gelar Seminar Literasi Wakaf di Gedung Aswaja Kota Pekalongan
Foto: Ilustrasi (dok)
Foto: Ilustrasi (dok)

Pekalongan, NU Online Jateng
Lembaga Wakaf dan Pertanahan (LWP) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar kegiatan 'Seminar Literasi dan Inklusi Wakaf' dengan tema 'Mengembangkan Ekosistem Wakaf Produktif, menyongsong Abad kedua NU' bertempat di Gedung Aswaja Kota Pekalongan pada Sabtu (30/3/2024) besok. 


Ketua LWP PCNU Kota Pekalongan H Masrur mengatakan, penunjukan Kota Pekalongan sebagai tempat seminar LWP PBNU harus disambut dengan gembira. Pasalnya, meski sangat mendadak, pihaknya menyatakan siap menjadi tuan rumah.


"Atas menunjukan itu, LWPNU Kota Pekalongan telah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan kegiatan seminar wakaf. Meskipun baru beberapa hari ditunjuk untuk menjadi tuan rumah namun prinsipnya segala persiapan sudah dilakukan untuk menyambut sekitar 150 peserta," ujarnya.
 

Menurutnya, kegiatan seminar literasi dan inklusi wakaf sangat penting bagi LWPNU di semua daerah. Sebab menurutnya, aset NU terutama yang berkaitan dengan tanah ini jumlahnya sangat besar, mulai dari wakaf, hibah dan belum lagi yang produktif dalam bentuk tanah maupun uang. 


"Kita ini potensinya sangat besar namun belum terealisasi sepenuhnya. Untuk itu acara semacam ini perlu dilakukan dalam menyongsong abad kedua NU," ucapnya.
 

Gedung Aswaja milik PCNU Kota Pekalongan bakal jadi tempat seminar nasional literasi dan inklusi wakaf (Foto: M Ngisom Al-Barony)


Kepada NU Online Jateng, Kamis (28/3/2024) H Masrur yang juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di Kota Pekalongan itu menjelaskan, dalam penguatan literasi dan inklusi wakaf akan dihadiri sejumlah narasumber di antaranya, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf  Kemenag RI Prof Waryono Abdul Ghafar, Ketua LWP PBNU H Anas Nasikhin, dan unsur praktisi dari Prudential Syariah, Harpedi Puseta.


"Semoga seluruh rangkaian yang berlangsung sehari bisa berjalan dengan lancar dan manfaatnya bisa dirasakan bagi pengurus Lembaga Wakaf dan Pertanahan (LWP) khususnya bagi yang hadir," pungkasnya.


Kegiatan seminar kerja sama dengan Kementrian Agama dan Prudential Syariah, Seminar Inklusi Wakaf akan dihadiri sejumlah peserta dari PCNU dan MWC NU Eks Karesidenan Pekalongan, meliputi Kota Pekalongan, Kab. Pekalongan, Kab. Batang, Kab. Pemalang, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Brebes.


Pengirim: Navik


Nasional Terbaru