• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Nasional

Buka Rekrutmen, Gus Rozin Ajak Profesional Khidmah di NU

Buka Rekrutmen, Gus Rozin Ajak Profesional Khidmah di NU
Gedung PWNU Jawa Tengah di Jalan Dr Cipto 180, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (6/6/2024). (Foto: NU Online Jateng/Lukman Hakim)
Gedung PWNU Jawa Tengah di Jalan Dr Cipto 180, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (6/6/2024). (Foto: NU Online Jateng/Lukman Hakim)

Semarang, NU Online Jateng

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Abdul Ghaffar Rozin mengajak para profesional untuk turut terlibat melayani masyarakat melalui PWNU Jateng.


"Para profesional silakan untuk mengenal NU lebih dalam. NU terbuka untuk siapa saja, silakan berdiskusi soal ke-NU-an, syukur-syukur bisa membantu mengembangkan kerja-kerja keumatan di Nahdlatul Ulama baik itu di bidang pendidikan, dakwah, kesehatan ekonomi, dan seterusnya," katanya di Gedung PWNU Jawa Tengah, Jalan Dr Cipto 180, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (5/6/2024).


Menurutnya, rekrutmen ini adalah peluang untuk turut berkhidmah kepada bangsa, negara, dan umat melalui NU. Sebab, NU merupakan organisasi yang ramah dan terbuka bagi siapa saja. "Tidak ada forum di NU yang tanpa ketawa-ketawa. Tetapi NU juga serius di dalam isu-isu keumatan, kebangsaan, keagamaan," ujarnya.


"Jadi, monggo kalau mau datang ke NU mengembangkan umat, NU sangat terbuka," imbuh Pengasuh Pondok Pesantren Maslakul Huda, Kajen, Pati, Jawa Tengah itu.


Gus Rozin, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa rekrutmen ini guna menjaring seluruh masyarakat yang punya ketertarikan dalam berkhidmah melayani umat. Sebab, seluas apapun jejaring pengurus, tentu keluasan dan kebesaran NU melebihinya.


"Saya yakin bahwa di luar sana banyak orang yang ingin bergabung, atau setidaknya ingin mengenal NU lebih dekat, atau orang yang mencintai NU, atau orang yang dulu keluarganya NU tetapi kemudian dia menjadi profesional dan tidak terhubung," katanya.


Oleh karena itu, ia menyebut rekrutmen ini juga sebagai upaya penghubungan kembali (reconnecting) dengan orang yang dulu keluarga besarnya NU dan ingin kembali lagi.


Selain itu, rekrutmen juga menjadi langkah guna menarik orang-orang yang dulu tidak NU sama sekali, tetapi melihat isu-isu yang diusung NU, seperti moderasi dan nasionalisme yang tidak bertentangan dengan agama, menjadi tertarik.


Di samping itu, Gus Rozin juga menegaskan bahwa rekrutmen dilakukan sebagai gerakan untuk mendekatkan mereka yang belum mengetahui cara terlibat aktif di NU.


"Nah makanya kemudian kita melakukan pola rekrutmen dengan cara yang saya kira baru sedikit dilakukan oleh NU dengan cara open recruitment," katanya.


"Jadi, siapa saja yang ingin mendekat ke NU, silakan. Ini juga sekaligus menunjukkan bahwa NU ini terbuka untuk siapa saja," imbuh kiai yang menamatkan studi masternya di bidang manajemen pendidikan dari Universitas Monash Australia itu.


Lebih lanjut, Gus Rozin menyebut kriteria pengurus yang dibutuhkan dalam hal ini adalah cinta NU, mengikuti ahlussunnah wal jamaah, dan nasionalis.


"Kita sederhanakan saja, tidak rumit, harus begini harus begini. Kalau kita ingin membuka pintu terhadap orang lain, jangan banyak pilih-pilih. Ya pilih-pilih tetap harus ada, tetapi jangan terlalu pilih-pilih sehingga orang itu merasa terdiskriminasi," pungkasnya.


Pendaftaran rekrutmen ini dapat dilakukan dengan mengirimkan scan KTP, biodata diri (CV), paper gagasan untuk NU sesuai bidang masing-masing, dan data pendukung lainnya ke tautan berikut. Pengiriman paling lambat pada Sabtu (15/6/2024).


Informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor +62 822-2032-1926 (hanya WA) atau +62 813-9064-5977, atau melalui surel sekretariat [email protected]


Nasional Terbaru