• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Nasional

Bantu Warga Gaza Palestina, LAZISNU Jateng Salurkan Dana Rp10,6 Miliar

Bantu Warga Gaza Palestina, LAZISNU Jateng Salurkan Dana Rp10,6 Miliar
Kegiatan penyerahan donasi untuk warga Gaza palestina oleh LAZISNU Jateng di Semarang (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Kegiatan penyerahan donasi untuk warga Gaza palestina oleh LAZISNU Jateng di Semarang (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Semarang, NU Online Jateng
Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (LAZISNU) Jawa Tengah berhasil menggalang dana masyarakat sebesar Rp10,6 Miliar yang dialokasikan untuk membantu korban Gaza akibat konflik senjata  Israel - Palestina yang hingga kini masih berlangsung.


Bantuan kemanusiaan itu diserahkan Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng KH Munif Abdul Muchit dan diterima sekretaris pengurus LAZISNU PBNU KH Musyafa dalam upacara penutupan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil)  NU Peduli Kemanusian PWNU Jateng di Hotel Candi Indah (HCI) Semarang, Ahad (7/1/2023).


Sekretaris LAZISNU PBNU KH Musyafa menyampaikan ucapan terima kasih kepada LAZISNU wilayah dan cabang se-Jateng yang berhasil meyakinkan masyarakat sehingga berpartisipasi menyisihkan rezekinya untuk meringankan penderitaan warga Gaza melalui NU.


"Ini amanah nahdliyyin, dana ini akan segera kami salurkan ke Gaza, terima kasih kepada LAZISNU wilayah dan cabang se-Jateng serta seluruh warga yang telah berpartisipasi dalam gerakan kemanusiaan ini," kata kiai Musyafa di Semarang.


Disampaikan, sehubungan masih belum adanya titik temu kapan konflik Palestina - Israel  berakhir yang menjadikan warga Gaza semakin menderita, tentu bantuan kemanusiaan dari berbagai masih dibutuhkan.


"Dalam suasana seperti itu,  PBNU bersama warga dan masyarakat Indonesia melalui LAZISNU hadir dan berupaya mengambil peran untuk.membantu korban akibat konflik itu," ucapnya.


Katib PWNU Jateng KH Munif Abdul Muchit juga mengapresiasi langkah LAZISNU Jateng bersama jejaringnya baik di internal maupun eksternal NU yang menjadi bagian dari tim adhoc NU Peduli Kemanusian PWNU Jateng atas kepedulian dan semangatnya dalam gerakan kemanusiaan.


Dikatakan, dengan penuh ketekunan LAZISNU Jateng berhasil menghimpun dana sebesar Rp 10.672.936.604 untuk warga Gaza. Karena itu PWNU  Jateng berterima kasih kepada  LAZISNU Jateng  dan cabangnya se-Jateng yang perannya sudah menembus lintas negara, tetapi tidak mengurangi kepeduliannya terhadap problem kemanusiaan di ranah regional dan lokal.


"Semangat berkhidmat kepada umat tanpa membedakan posisi geografis dan teritorialnya ini akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kehadiran NU di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.


Ketua PWNU Jateng HM Muzamil juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Nahdliyin khususnya dan masyarakat Jawa Tengah pada umumnya atas donasi kemanusiaan untuk Palestina melalui LAZISNU PWNU Jateng. 


"Donasi kemanusiaan tersebut kita salurkan melalui LAZISNU PBNU yang bekerja sama dengan Al-Azhar Mesir untuk menyampaikan langsung kepada saudara-saudara kita di Palestina.
Semoga bermanfaat manfaat barakah. Kita semua berdoa untuk kemerdekaan Palestina, keamanan dan ketertiban dunia, serta keadilan dan kemakmuran semuanya dunia akhirat," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda
 


Nasional Terbaru