• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 21 Februari 2024

Dinamika

MWCNU Jekulo Kudus Harap Lakmud Jadi Wadah Pemerataan Skill Kader IPNU-IPPNU

MWCNU Jekulo Kudus Harap Lakmud Jadi Wadah Pemerataan Skill Kader IPNU-IPPNU
Kegiatan Lakmud PAC IPNU-IPPNU Jekulo, Kudus (Foto: NU Online Jateng/Dok)
Kegiatan Lakmud PAC IPNU-IPPNU Jekulo, Kudus (Foto: NU Online Jateng/Dok)

Kudus, NU Online Kudus
PAC IPNU-IPPNU Jekulo mengadakan Latihan Kader  (Lakmud) pada 20-23 Januari 2023. Bertempat di TK IT-SD IT Rohmatul Ummah, Jekulo, kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber untuk melatih keterampilan kader dalam berorganisasi dan kepemimpinan.


Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Jekulo KH Miftahuddin, berharap bahwa kegiatan Latihan Kader Muda (Lakmud) IPNU-IPPNU dapat memberikan pemerataan distribusi kader berdasarkan skill (keterampilan). 


"Karena tidak hanya secara agamis, namun juga dapat memberikan kontribusi pada bidang lain sesuai keterampilan yang dimiliki. Contohnya sekarang MWCNU Jekulo merambah ke bidang pelayanan umat dan kesehatan,” ujarnya.


Hal itu disampaikan di acara Lakmud PAC IPNU-IPPNU Jekulo, Kabupaten Kudus pada jumat-Senin (20-23/1/2023) di TK IT-SD IT Rohmatul Ummah, Jekulo.


Menurutnya, sebagai generasi calon pemimpin NU di masa depan, IPNU-IPPNU harus menempa diri dengan berbagai skill baik dalam mengelola organisasi maupun ilmu pengetahuan dan teknologi agar kader-kader NU bisa mengikuti arus perubahan zaman.


"Zaman terus berubah, jangan sampai kader-kader NU hanya menjadi obyek perubahan," tegasnya.





Dalam rilis yang disampaikan ke redaksi NU Online Jateng, Rabu (25/1/2023) Ketua PAC IPNU Jekulo Muchammad Zaenuri menjelaskan, kegiatan Lakmud tidak hanya sekadar syarat untuk dapat bergabung dengan PAC IPNU-IPPNU Jekulo. Tetapi kegiatan ini dapat merubah mindset (pola pikir) terkait dengan kebutuhan kader. 


“Jadi bekal ilmu dari Lakmud nantinya dapat bermanfaat bagi rantingnya, karena dengan kuatnya kader dapat semakin memperkuat organisasi,” ujar dia.


Dijelaskan, kegiatan Lakmud merupakan pengkaderan jenjang kedua setelah Masa Kesetiaan Anggota (Makesta).


"Ada banyak jenjang pengkaderan di IPNU-IPPNU. Karena memang IPNU-IPPNU adalah organisasi pengkaderan untuk mempersiapkan calon pemimpin NU di masa depan di berbagai tingkatan," pungkasnya. (*)


Dinamika Terbaru