• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Taushiyah

Tangis Anak di Sela Shalat Jumat

Tangis Anak di Sela Shalat Jumat
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Sering telinga kita mendengar anak kecil menangis meraung-raung di sela imam shalat jumat membaca surat alfatihah atau mengerjakan rukun shalat yang lain gegara orang tua yang di sampingnya berdiri untuk melaksanakan shalat berjamaah.

   
Di satu sisi tangis anak kecil itu mengganggu kekhusyukan orang-orang yang sedang shalat berjamaah, tapi di sisi lain terkadang imam shalat tidak peduli dengannya atau bahkan tetap dalam bacaan surat yang panjang dan abai dengan tangisan itu. lalu bagaimana seharusnya menyikapinya.


Hadits nabi:


 قال رسول اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : إِنِّي لأَقُومُ إِلَى الصَّلاةِ ، وَأُرِيدُ أَنْ أُطَوِّل فِيها ، فَأَسْمعُ بُكَاءَ الصَّبِيِّ ، فَأَتَجوَّزَ فِي صلاتِي كَرَاهِيَةَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمِّهِ.

 
Artinya:
Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda: Sesungguhnya aku berdiri untuk bershalat dan aku bermaksud hendak memperpanjangkannya, kemudian aku mendengar tangisnya seorang anak kecil, lalu aku peringankan shalatku itu karena aku tidak suka membuat kesukaran kepada ibunya. (HR Bukhari)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru