• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Taushiyah

Ketika Manusia Takut dengan Bayangannya Sendiri

Ketika Manusia Takut dengan Bayangannya Sendiri
Foto: Ilustrasi (bola.com)
Foto: Ilustrasi (bola.com)

Pagi-pagi sudah mendapatkan kiriman video Tiktok tentang seorang anak kecil yang ketakutan melihat bayangan dirinya yang tersorot oleh sinar matahari. Bayangan itu tampak memanjang karena matahari masih berada di bagian timur, atau tepatnya jam 09.30.

    
Semakin anak itu bergerak, bayangan dirinyapun semakin bergerak pula, begitu tangannya melambai-lambai minta tolong, bayangan hitam dirinya ikut bergerak seakan menyerupai vampir yang melambaikan tangannya dan menakutkan.

   
Video itu memberikan pelajaran kepada kita bahwa kalau seseorang takut dengan bayangannya sendiri, maka ia tidak akan mampu melangkah ke depan untuk menggapai cita-cita. Jangankan melangkah, bergeser sedikit dari tempatnyapun tidak mampu karena takut bayang-bayang dirinya sendiri.

   
Optimisme adalah kunci kesuksesan, ketika keinginan hanya sebatas harapan tidak akan mengubah apapun. Tapi untuk mendapatkan hasil yang optimal diperlukan adanya usaha dan optimisme dalam mencapai keinginannya.

Hadis nabi: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda  


الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ وَفِي كُلٍّ خَيْرٌ احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ وَإِنْ أَصَابَكَ شَىْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا ‏.‏ وَلَكِنْ قُلْ قَدَرُ اللَّهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ


Artinya:
Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah namun keduanya tetap memiliki kebaikan. Bersemangatlah dalam hal-hal yang membawa manfaat bagimu. Mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah kamu menjadi lemah. Jika kamu tertimpa suatu musibah maka jangan kau katakan: ‘Seandainya aku lakukan demikian dan demikian. Akan tetapi katakanlah ini sudah menjadi takdir Allah. Setiap apa yang telah Dia kehendaki pastilah terjadi.’ Karena sesungguhnya perkataan ‘seandainya’ dapat membuka pintu setan.


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru