• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 23 Mei 2024

Taushiyah

Ketika Bengkelnya Ditinggal Sejenak untuk Shalat

Ketika Bengkelnya Ditinggal Sejenak untuk Shalat
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Baru-baru ini viral sebuah video tentang keberadaan bengkel sepeda motor yang buka hingga malam hari dan dipenuhi oleh pengunjung pengguna jasa bengkel.

   
Video itu viral bukan karena bengkel buka hingga malam hari, tapi karena adanya seorang lelaki yang terkejut ketika mengunjungi bengkel pas waktu shalat maghrib tiba. Ketika itu pemilik bengkel mengatakan "tunggu ya mas, kami semua akan shalat maghrib".

   
Petang itu, si pemilik bengkel dan seluruh karyawannya membersihkan diri dan berganti baju lalu melaksanakan shalat berjamaah yang diimami sendiri oleh pemilik bengkel. Seusai shalat berjamaah, semua karyawan mengambil tempat yang agak rilek untuk mengikuti kajian agama yang durasinya hanya beberapa menit lalu mereka masing-masing berganti baju kerja dan melanjutkan pekerjaan bengkel.

   
Banyak komen yang membanjiri kolom komentar dalam tayangan video itu, diantaranya "salut dengan cara kerjanya yang diimbangi dengan ibadah". Ada pula komen "pantesan bengkelnya laris sekali karena pemilik bengkel dan karyawannya selalu mendekat kepada Allah."


Sungguh barang siapa yang memdekat kepada Allah SWT untuk menunjukkan ketakwaannya, maka Allah akan membukakan pintu rezeki dan memberikannya dari jalan yang tidak disangka-sangka serta Allah akan memberikan jalan keluar yang terbaik dari setiap kesulitan.

   
Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surat At-Talaq Ayat 2-3:


وَمَنۡ يَّـتَّـقِ اللّٰهَ يَجۡعَلْ لَّهٗ مَخۡرَجً*
وَّيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُ‌ ؕ وَمَنۡ يَّتَوَكَّلۡ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسۡبُهٗ ؕ اِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمۡرِهٖ‌ ؕ قَدۡ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَىۡءٍ قَدۡرًا*


Artinya:
(2)  Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, (3) dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu. (QS At Talaq : 2-3)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru